VISUAL MARKETING ANALYSIS OF FOOD AND BEVERAGE PRODUCT PHOTOS ON INSTAGRAM ACCOUNT @RANAHKACAVISUAL
Abstract
Penelitian ini menganalisis visual marketing dari beberapa foto produk yang dihasilkan oleh akun Instagram @ranahkacavisual menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Teori Peirce yang membagi tanda (sign) menjadi objek (object), penanda (sign), dan interpretant (interpretant) digunakan sebagai kerangka utama untuk memahami bagaimana elemen-elemen visual dalam foto produk menyampaikan makna kepada audiens. Hasil temuan melalui dokumentasi dan observasi @ranahkacavisual secara efektif menggunakan elemen-elemen visual seperti komposisi, warna, dan konteks untuk menekankan produk utama dan membangun citra merek yang kuat. Elemen-elemen tambahan seperti alat makan, latar belakang, dan dekorasi juga berperan penting dalam menyampaikan cerita dan menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Meskipun masih terdapat kekurangan dalam beberapa foto produk khususnya pada penggunaan elemen pelengkap yang tidak relevan dengan produk. penggunaan teori semiotika Peirce dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana visual marketing dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, membangun identitas merek, dan menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi visual marketing dalam merancang strategi visual yang efektif dan menarik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baetty, A. N., & Sari, M. P. (2022). Analisis Semiotika Fotografi Human Figure pada Foto Karya Mahasiswa Pendidikan Multimedia UPI. Jurnal Desain, 10(1), 85. https://doi.org/10.30998/jd.v10i1.13201
Chandler, D. (2022). The basics semiotic.
Jayani, dwi hadya. (2019). Tren Pengguna E-Commerce Terus Tumbuh.
Juan Hade Guna. (2022). KONTEN CITIZEN JOURNALISM PADA AKUN INSTAGRAM @ BERITA PEKANBARU NIM . 11643101464. KONTEN CITIZEN JOURNALISM PADA AKUN INSTAGRAM, 5134.
MASDIANA. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA PESAN TOLERANSI DALAM FILM “AJARI AKU ISLAM” (METODE CHARLES SANDERS PIERCE) SKRIPSI.
Maulidya, D. N., Hasmawatib, F., & Hamandia, M. R. (2023). Analisis Makna Foto Makanan ( Food Photography ) Dalam Instagram @ jajan _ linggau. Analisis Makna Foto Makanan ( Food Photography ) Dalam Instagram @ Jajan _ Linggau, 3(1), 110–116.
Mersita, M. (2022). Analisis semiotika charles sanders peirce pada music video permission to dance oleh bts.
Nur Hapizoh. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA NILAI HUMAN INTEREST PADA FOTO JURNALISTIK KARYA STEVE SIMON DALAM BUKU “THE PASSIONATE PHOTOGRAPHER” SKRIPSI.
Osianita, Y., & Oemar, E. A. B. (2015). KAJIAN SEMIOTIKA IKLAN PRODUK KOSMETIK MUSTIKA RATU TREN WARNA Yunda Osianita.
PANINGROME, Z. (2020). INTERPRETASI MAKNA PADA MUSIC VIDEO “SEPERTI TULANG” KARYA NADIN AMIZAH.
Patriansah, M., & Mubarat, H. (2021). ANALISIS SEMIOTIKA SAUSSURE PADA KARYA POSTER MAHARANI YANG BERJUDUL “ SAVE CHILDREN .” 6(2), 105–110.
Ramadhan, R., & Sari, M. P. (2022). SEMIOTIKA FOTOGRAFI PADA KARYA DALAM AKUN INSTAGRAM GURU ESDEH. 6(2).
Saleha, M. R. Y. (2023). Analisis semiotika charles sanders peirce pada simbol rambu lalu lintas dead end. ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA SIMBOL RAMBU LALU LINTAS DEAD END, 3, 65–72.
Saputra, T. A., & Novita, D. (2021). Pengaruh Visual Marketing Terhadap Penjualan Produk di Perusahaan Butik Pendahuluan. II(November 2021), 1–17.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4830
Article Metrics
Abstract view : 34 timesPDF – 31 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ahmad Peropa, Harry Fajar Maulana, Muhammad Rizal Ardiansah Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index