PENGARUH TERPAAN KONTEN KAMPANYE LINGKUNGAN AKUN TIKTOK @PANDAWARAGROUP TERHADAP PARTISIPASI PENGIKUT AKUN

Jessica Ayunda Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh terpaan konten kampanye lingkungan dari akun TikTok @pandawaragroup terhadap partisipasi pengikut akun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif  dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengikut akun @pandawaragroup yang menjadi responden dalam penelitian ini, penelitian ini berusaha mengamati dampak dari terpaan konten kampanye yang diunggah melalui platform media sosial TikTok, terhadap partisipasi pengikut akun nya dalam gerakan membersihkan sampah. Berdasarkan teori terpaan media dan konsep audience activity & gratification (Levy & Windahl, 1984), peneliti ingin melihat apakah terdapat pengaruh dari terpaan konten kampanye lingkungan yang diunggah oleh akun TikTok @pandawaragroup yang menimbulkan ketertarikan para pengikutnya untuk terlibat dengan konten kampanye tersebut dan memotivasi para pengikutnya untuk berpartisipasi secara online dan offline dengan gerakan membersihkan sampah yang dilakukan oleh @pandawaragroup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan konten kampanye lingkungan @pandawaragroup secara signifikan tidak mempengaruhi partisipasi pengikut akun. Mayoritas responden menunjukkan minat yang tinggi terhadap informasi lingkungan yang disajikan oleh konten tersebut, serta menunjukkan keterlibatan kognitif yang tinggi dan keinginan untuk berpartisipasi secara online dan offline. Namun hasil uji T membuktikan bahwa variabel terpaan konten kampanye lingkungan akun TikTok @pandawaragroup yang diturunkan berdasarkan teori terpaan media tidak berpengaruh terhadap variabel partisipasi pengikut akun yang diturunkan berdasarkan dari konsep audience activity & gratification. Walaupun hasil analisis regresi linear menegaskan adanya hubungan yang positif antara terpaan konten kampanye lingkungan dengan partisipasi pengikut akun, tetapi tidak ada pengaruh dari hubungan tersebut. Dan uji normalitas telah membuktikan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal, sehingga hasil dari uji analisis statistik dalam penelitian ini dapat dikatakan akurat.

Keywords


Pengaruh Terpaan, Konten Kampanye Lingkungan, Partisipasi.

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2023, Juni 26). 10 Negara Penghasil Sampah Terbesar di Dunia, Ada Indonesia. From databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/26/10-negara-penghasil-sampah-terbesar-di-dunia-ada-indonesia

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. CV. Cendekia Press.

Ardianto, Elvirano, Komala, L., & Karlinah, S. (2014). Komunikasi Masa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Defitri, M. (2023, July 26). Membuang Sampah di Sungai Bikin Sungai Indonesia Tercemar Berat. From Waste4change: https://waste4change.com/blog/membuang-sampah-di-sungai-indonesia/

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The Sage Handbook of Qualitative Research. SAGE Publication, Inc.

Edgerly, S. (2020). Audience Activity Model. The International Encyclopedia of Media Pyschology.

Edgerly, S., Gotlieb, M. R., & Vraga, E. K. (2016). “That Show Really Spoke to Me!”: The Effects of Compatible. International Journal of Communication.

Farisi, B. A. (2023, Januari 16). Pandawara Group, 5 Pemuda yang Viral karena Bersihkan Sampah, Ternyata Korban Banjir. From Kompas.com: https://www.kompas.com/hype/read/2023/01/16/143754066/pandawara-group-5-pemuda-yang-viral-karena-bersihkan-sampah-ternyata-korban#google_vignette

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Levy, M. K., & Windahl, S. (1984). Audience Activity and Gratification: A Conceptual Clarification and Exploration. Communication Research.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods : Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education. Published by Allyn & Bacon.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: PT Alex Komputindo.

Rubin, A. M., & Perse, E. M. (1987). Audience Activity and Television News Gratification. Communication Research.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. V. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Wijaya, M. H., & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas TikTok. Al-Mada Jurnal Agama dan Sosial.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v8i1.4816

Article Metrics

Abstract view : 33 times
PDF – 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jessica Putri Sabrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index