PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI WOODEN SPACE COFFEE
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaituApa saja kendala dalam penggunaan media sosial sebagai media periklanan pada Wooden Space Coffee untuk mengetahui media periklanan apa yang digunakan pada Wooden Space Coffee untuk meningkatkan niat beli konsumen pada Wooden Space Coffee.
Media sosial sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat konsumen terhadap membeli Kopi Wood Space. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi, dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji judgement. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kehadiran media sosial secara parsial berpengaruh terhadap niat beli konsumen terhadap Wooden Space Coffee.
Diketahui t-harga biaya variabel periklanan sebesar 3,375 yaitu sebesar 1,66055 jika dibandingkan dengan t-tabel. Dengan demikian, 2,062 > 1,66055 berarti variabel “Kehadiran media sosial” mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel “Ketertarikan Konsumen untuk Membeli”.
Selain itu juga terdapat pengaruh secara parsial media iklan terhadap niat beli konsumen Wooden Space Coffee. Nilai t hitung variabel media iklan sebesar 3,367 dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,66055, yaitu 3,367 > 1,66055 Artinya variabel media iklan mempunyai pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap niat beli konsumen. Kesediaan pembelian Wood Space Coffee dipengaruhi oleh penggunaan media sosial dan media iklan secara simultan yang dibandingkan dengan Ftabel 3,09,99,753 > 3,09 yang berarti variabel media iklan dan media iklan secara simultan mempunyai pengaruh yang nyata (signifikan) atau positif terhadap variabel minat beli perusahaan. Kendala dalam meningkatkan niat beli konsumen adalah informasi yang disajikan media sosial.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan ketiga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ardianto Elvinaro (2014). Metodelogi Penelitian untuk Public Relations. Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Arum Wahyuni Purbohastuti (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jakarta: Tirtayasa Ekonomika.
Basu Swastha dan Irawan (2015). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.
Buchari Alma. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Fandy Tjiptono (2012). Total Quality Manajement, Edisi Revisi, Yogyakarta: Andi Offiset.
Ferdinand, Augusty. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro.
Hary Supriyanto (2019). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan: Studi Analisis Persepsi Pemustaka Tentang Efektivitas Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel, Indonesia Journal Academic Librarianship, 3 (Oktober 2019), 36.
Kotler dan Keller (2015). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jilid 2. Terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.
Mcquail, Denis. (2012). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Monle Lee dan Carla Johnson, (2014). Prinsip Pokok Periklanan Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana.
Putri, Wilga Secsio Ratsja, R. Nunung Nurwati, & Meilanny Budiarti S. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding KS: Riset & PKM. 3(1) : 1 – 154
Rachmad Kriyantono, 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Rakhmat (2012). Metode Penelitian Komunikasi, Dilengkapi Contoh Analisis. Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rian Fadli, Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @ Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan, JOM FISIP, 5 (11 Juli – Desember 2018), 4.
Rulli Nasrullah (2018). Media Sosial, Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rakatama.
Sofyan Assauri (2014), Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penelitian – Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujarweni, Wiratna V. 2014. Metodologi Penelitian (Lengkap, Praktis Dan Mudah Dipahami) (Cetakan 1). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sunyoto. (2014). Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Jakarta: Alta.
Syahfruddin, (2011). Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, Edisi I, Penerbit : Balai Penerbit Fakultas Ekonomi– Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Terence A. Shimp (2013). Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4717
Article Metrics
Abstract view : 62 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 40 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Balqish Syafitri Tanjung, Budiman Purba, Maria Ulfa Batoebara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index