Peran Kegiatan Keagamaan Dalam Membangun Karakter Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I A Tanjung Gusta Medan Sumatera Utara

Atikah Asna, Afridal Hazaqi Tambunan, Nabila Azri, Nisrina Alifah

Abstract


Pada zaman sekarang ini moral remaja sangatlah minim, karena kurangnya etika sopan dan santun dalam diri remaja membuat remaja berprilaku tidak baik seperti penganiyaan, pembunuhan, pelecehan, pencurian dan narkotika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mengeksplorasi dan menganalisis peran kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LKPA) Kelas 1 A Tanjung Gusta Medan Sumatera Utara. Melalui pendekatan kualitatif dan observasi partisipatif, penelitian ini berfokus kepada Peran Keagamaan terhadap perkembangan nilai- nilai akhlak,spiritualitas, hubungan sosial, perilaku positif, dan pemberdayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan di Lapas memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk karakter remaja, memperkuat keyakinan, meningkatkan kualitas hubungan sosial, mengurangi perilaku negatif, dan memberdayakan remaja untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya mendukung dan mengintegrasikan kegiatan keagamaan dalam program pembinaan remaja di Lapas guna menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan positif remaja yang berada dalam masa pembinaan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan program pembinaan yang lebih efektif dan berkelanjutan di Lapas.


Keywords


Kegiatan Keagamaan, Karakter Remaja, Lembaga Pembinaan Khusus Anak

Full Text:

PDF

References


Al-amin. (2021). Jurnal Kajian dan Budaya Islam Vol. 4, No 2

Alwi , H., (2002). Kamus Bahasa Indonesia.

Maidin G., (2006) . Perlindungan Hukum Terhadap Anak,dalam system peradilan pidana anak di Indonesia.

Normawati. (2020) . “Peranan Penyuluhan Agama Islam dalam Memperbaiki Perilaku Anak- anak binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Metro Lampung”.

Panjaitan, I., P., & Widyarty, S., W., (2008), dalam “ pembaharuan pemikiran DR.Suhardjo mengenai Pemasyarakatan Anak- anak binaan”.

Sari,I.,K., (2023). pengaruh bimbingan keagamaan islam terhadap perilaku remaja di lembaga pembinaan khusus anak (lpka) kelas II rumbai pekanbaru. naskah tidak dipublikasikan, fakultas dakwah dan komunikasi, universitas islam negeri sultan syarif kasim, RIAU.

Sahril, M., (2023). Factor factor yang memengaruhi kepribadian remaja .peran agama islam dalam pembentukan pendidikan karakter usia remaja.Vol. 1.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. UU Perlindungan Anak ( UU RI No. 23 Th. 2003).




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4705

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF – 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Atikah Asna, Afridal Hazaqi Tambunan, Nabila Azri, Nisrina Alifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index