PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 104252 KARANG ANYAR

Kinana Dwinta Sukma, Arlina Arlina, Raihan Albani Dalimunthe, Geihja Zahira Sopha

Abstract


 

Penelitian ini berangkat dari fenomena perubahan zaman yang semakin maju, ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Teknologi informasi memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Oleh karena itu, teknik dan media pembelajaran mengalami perubahan yang sejalan dengan perkembangan zaman. Para pendidik di era modern ini perlu mengikuti perkembangan tersebut dengan mengintegrasikan peralatan berbasis teknologi informasi ke dalam proses pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana pemanfaatan teknologi informasi, kendala yang dihadapi, dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 104251 Karang Anyar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pemanfaatan teknologi informasi, kendala yang muncul, dan solusi yang diterapkan dalam menghadapi kendala tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus analisis situasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer berasal dari guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan data sekunder berasal dari kepala sekolah dan siswa di SDN 104251 Karang Anyar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah diterapkan oleh guru meskipun belum sepenuhnya optimal, meliputi tahap awal, inti, dan akhir pembelajaran. Peralatan yang digunakan termasuk komputer/laptop, LCD proyektor, dan internet. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya pemanfaatan teknologi informasi secara konsisten, keterbatasan fasilitas, padatnya jadwal mengajar, koneksi internet yang tidak stabil, dan kurangnya antusiasme dalam memanfaatkan teknologi informasi. Untuk mengatasi kendala ini, guru belajar secara autodidak, menghadiri seminar, membaca jurnal dan buku, melakukan penelitian tindakan kelas, berdiskusi dengan sesama guru, serta memberikan arahan dan motivasi kepada siswa, menyesuaikan metode pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi.


Keywords


Teknologi Informasi, Pengetahuan, Pendidikan Agama Islam

References


Abin, S. M. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Adhi Setiawan, dkk. 2012. Pengembangan Pembelajaran Menggunakan ICT. Yogyakarta. Skripta Media Creative

Adventus, A., Jaya, M., Mahendra, D. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia

Antoni. 2023. Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal. Jurnal Manajemen dan Pendidikan. Vol.2 No. 3

Dalle Juhriyansyah,dkk. 2020. Pengantar Teknologi Informasi. Depok. Rajawali Pers

Herry Irawan, dkk. 2018. Bisnis Informasi. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia

Isdianto, Eko. 2014. Bahasa dan Teknologi

Karim, Abdul. 2020. Pengantar Teknologi Informasi Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang. Labuhan Batu

Kusrini & Andri. 2007. Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntasi Dengan Visual Basic Dan Microsoft Sql Server. Yogyakarta. Cv Andi Offset

M. Suryanto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta. Cv Andi Offset

Muflihin, A., & Makhshun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91-103.

Prastowo Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian Yogyakarta. Ar-Ruzz Media

Purba, R. 2021. Pengetahuan dan Sikap Perawat Terhadap Penggunaan Alat Perlindungan Diri.

Republik Indonesia, P. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Rerung Rante, Rintho. 2018. E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta. Cv Budi Utama

Simanjuntak, H. (2020). Bakti Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar.

Sunarminto Hendro, Bambang. 2015. Pertanian Terpadu Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan Nasional. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta. Prenadamedia Group

Yudho Yudanto. 2018. Informasi Technology Businesss Start- Up. Jakarta. Pt Alex Media Komputindo

Zulham. 2017. Penerapan Teknologi Informasi Menentukan Keberhasilan Dunia Perusahaan Industri. Jurnal Warta Edisi 53




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4636

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 kinana dwinta sukma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index