PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 104252 KARANG ANYAR
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena perubahan zaman yang semakin maju, ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Teknologi informasi memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang pendidikan. Oleh karena itu, teknik dan media pembelajaran mengalami perubahan yang sejalan dengan perkembangan zaman. Para pendidik di era modern ini perlu mengikuti perkembangan tersebut dengan mengintegrasikan peralatan berbasis teknologi informasi ke dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana pemanfaatan teknologi informasi, kendala yang dihadapi, dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 104251 Karang Anyar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pemanfaatan teknologi informasi, kendala yang muncul, dan solusi yang diterapkan dalam menghadapi kendala tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus analisis situasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer berasal dari guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan data sekunder berasal dari kepala sekolah dan siswa di SDN 104251 Karang Anyar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah diterapkan oleh guru meskipun belum sepenuhnya optimal, meliputi tahap awal, inti, dan akhir pembelajaran. Peralatan yang digunakan termasuk komputer/laptop, LCD proyektor, dan internet. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya pemanfaatan teknologi informasi secara konsisten, keterbatasan fasilitas, padatnya jadwal mengajar, koneksi internet yang tidak stabil, dan kurangnya antusiasme dalam memanfaatkan teknologi informasi. Untuk mengatasi kendala ini, guru belajar secara autodidak, menghadiri seminar, membaca jurnal dan buku, melakukan penelitian tindakan kelas, berdiskusi dengan sesama guru, serta memberikan arahan dan motivasi kepada siswa, menyesuaikan metode pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abin, S. M. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Adhi Setiawan, dkk. 2012. Pengembangan Pembelajaran Menggunakan ICT. Yogyakarta. Skripta Media Creative
Adventus, A., Jaya, M., Mahendra, D. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia
Antoni. 2023. Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Unisan Jurnal. Jurnal Manajemen dan Pendidikan. Vol.2 No. 3
Dalle Juhriyansyah,dkk. 2020. Pengantar Teknologi Informasi. Depok. Rajawali Pers
Herry Irawan, dkk. 2018. Bisnis Informasi. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia
Isdianto, Eko. 2014. Bahasa dan Teknologi
Karim, Abdul. 2020. Pengantar Teknologi Informasi Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang. Labuhan Batu
Kusrini & Andri. 2007. Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntasi Dengan Visual Basic Dan Microsoft Sql Server. Yogyakarta. Cv Andi Offset
M. Suryanto. 2005. Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta. Cv Andi Offset
Muflihin, A., & Makhshun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa sebagai Kecakapan Abad 21. TA'DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91-103.
Prastowo Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Purba, R. 2021. Pengetahuan dan Sikap Perawat Terhadap Penggunaan Alat Perlindungan Diri.
Republik Indonesia, P. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Rerung Rante, Rintho. 2018. E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Yogyakarta. Cv Budi Utama
Simanjuntak, H. (2020). Bakti Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar.
Sunarminto Hendro, Bambang. 2015. Pertanian Terpadu Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan Nasional. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta. Prenadamedia Group
Yudho Yudanto. 2018. Informasi Technology Businesss Start- Up. Jakarta. Pt Alex Media Komputindo
Zulham. 2017. Penerapan Teknologi Informasi Menentukan Keberhasilan Dunia Perusahaan Industri. Jurnal Warta Edisi 53
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4636
Article Metrics
Abstract view : 62 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 kinana dwinta sukma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index