STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF FOOD INFLUENCER @RICOSAPTAHADI MELALUI NSTAGRAM DI KOTA PADANG
Abstract
Fenomena promosi makanan di Platform Instagram yang dilakukan oleh food influencer cukup banyak ditekuni dan tersebar di kota-kota besar, salah satunya di Kota Padang. Di Kota Padang terdapat beberapa food influencer yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai pihak ketiga dari kegiatan pemasaran produk dan dapat mempengaruhi para pengikutnya. Salah satu food Influencer Kota Padang yaitu Rico Sapta Hadi yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana endorsement dengan nama akun @ricosapatahadiDikenal dengan panggilan Dalipp, Rico Sapta Hadi salah satu food influencer terkenal di Sumatera Barat. Pria asal Kabupaten Agam ini memiliki pengikut 107 ribu di Platform Instagramnya. Fokus konten seputar kuliner dan makanan dari tahun 2019 sampai sekarang Rico Sapta Hadi atau dikenal dengan panggilan Dalipp banyak di endorsement oleh owner resto&cafe atau para usaha kuliner dan makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi persausif food influencer@richosaptiadi melalui Instagram dan untuk mengetahui hambatan food influencer @richosaptiado dalam mempromosikan makanan dii Instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini diantaranya startegi komunikator food influencer @richosaptiadi memiliki kredibilitas dalam mempromosikan makanan sehingga follower terbujuk untuk membeli. Startegi pesan dengan teknik integritas mengunakan slogan Bahasa daerah “alah tau sanak” untuk menarik perhatian followers. Hambatan food influencer @richosaptiadi diantaranya harus mempromosikan makanan yang tidak enak untuk dipromosikan tetapi tetap harus mempromosikan. Pentingnya hasil penelitian ini selain untuk menambah khasanah ilmu komunikasi di bidang komunikasi persuasif juga berguna dan bermanfaat bagi setiap individu yang ingin belajar jadi seorang food influencer untuk memiliki banyak endorsement di instagram
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aulia, R., & Taufik, R. R. (2023). Upaya Digital Influencer Dalam Promosi Produk Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Kegiatan Endorsement Oleh Selebgram Dalam Akun @Lindaoktaviani_) Reyvi Aulia1, Reza Rizkina Taufik2 UPAYA DIGITAL INFLUENCER DALAM PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIA. Jurnal Digital Media & Relationship, 4(2), 46–49. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/929/637
Handayani, S., & Dwiantari, R. (2024). Pemberdayaan Publik Dalam Berinvestasi Melalui Peran Komunikasi Persuasif Influencer Sebagai Public Relations. 2(1), 152–168. https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.675
Hidayatullah, M., Suherman, A., & Salam, A. (2023). Peran Humas Polres Kota Baubau Dalam Menyampaikan Informasi Publik. Journal Of Social Science Research, 3(4), 3211–3221. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3878
Khim, S., Pratiwi, N. I., Satria, W. I., & ... (2023). Manajemen Komunikasi Persuasif Pada Endorsement Selebgram di Instagram. Jurnal …, 13(1), 429–440. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/346%0Ahttps://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/download/346/158
Muhammad, A., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2024). Pengaruh Komunikasi Persuasif Host Live Shopping Tiktok Shop Aerostreet Terhadap Keputusan Pembelian Followers. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–13.
Rahmasari, A., Dionni, G., & Perdana, D. (2023). KOMUNIKASI PERSUASIF SELEBGRAM DALAM ENDORSEMENT PRODUCT KECANTIKAN ( Studi Pada Akun Instagram Selebgram @ alinxcaa ) CELEBRITY PERSUASIVE COMMUNICATION IN PRODUCT ENDORSEMENT BEAUTY ( Study on Selebgram Instagram account @ alinxcaa ). 7(2).
Tamara, D., Heriyati, L., Hanifa, T., & Carmen, M. (2021). The Effect of Instagram Influencers on Purchase Intentions Mediated by Brand Image on Cosmetic Products (Study on Gen Z Women). Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.37275/oaijss.v4i2.90
Tania, C., & Laksono, V. B. (2022). Strategi Pesan Persuasif di Media Sosial Instagram @somethincofficial. Avant Garde, 10(1), 30. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1800
Yuwanda, A., Alma Nuraflah, C., & Luthfi, M. (2023). the Role of Marketing Communication Through Instagram in Increasing Interest Community Treatment in the Main Clinic Jemadi Outpatient. Jurnal Network Media, 6(2), 2569–6446.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4623
Article Metrics
Abstract view : 308 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 248 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 yasha langitta setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index