STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF FOOD INFLUENCER @RICOSAPTAHADI MELALUI NSTAGRAM DI KOTA PADANG

Yasha Langitta Setiawan, Yumi Ariati, Januardi Nasir, Amelia Jeswita

Abstract


Fenomena promosi makanan di Platform Instagram yang dilakukan oleh food influencer  cukup banyak ditekuni dan tersebar di kota-kota besar, salah satunya di Kota Padang. Di Kota Padang terdapat beberapa food influencer yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai pihak ketiga dari kegiatan pemasaran produk dan dapat mempengaruhi para pengikutnya. Salah satu  food Influencer Kota Padang  yaitu Rico Sapta Hadi yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana endorsement dengan nama akun @ricosapatahadiDikenal dengan panggilan Dalipp, Rico Sapta Hadi salah satu food influencer terkenal di Sumatera Barat. Pria asal Kabupaten Agam ini memiliki pengikut 107 ribu di Platform Instagramnya. Fokus konten seputar kuliner dan makanan dari tahun 2019 sampai sekarang Rico Sapta Hadi atau dikenal dengan panggilan Dalipp banyak di endorsement oleh owner resto&cafe atau para usaha kuliner dan makanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi persausif food influencer@richosaptiadi melalui Instagram dan untuk mengetahui hambatan food influencer @richosaptiado dalam mempromosikan makanan dii Instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini diantaranya startegi komunikator food influencer @richosaptiadi memiliki kredibilitas dalam mempromosikan makanan sehingga follower terbujuk untuk membeli. Startegi pesan dengan teknik integritas mengunakan slogan Bahasa daerah “alah tau sanak” untuk menarik perhatian followers. Hambatan food influencer @richosaptiadi diantaranya harus mempromosikan makanan yang tidak enak untuk dipromosikan tetapi tetap harus mempromosikan. Pentingnya hasil penelitian ini selain untuk menambah khasanah ilmu komunikasi di bidang komunikasi persuasif juga  berguna dan bermanfaat bagi setiap individu yang ingin belajar jadi seorang  food influencer untuk  memiliki banyak endorsement di instagram


Keywords


komunikasi persuasif, food influencer, instagram

References


Aulia, R., & Taufik, R. R. (2023). Upaya Digital Influencer Dalam Promosi Produk Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Kegiatan Endorsement Oleh Selebgram Dalam Akun @Lindaoktaviani_) Reyvi Aulia1, Reza Rizkina Taufik2 UPAYA DIGITAL INFLUENCER DALAM PROMOSI PRODUK MELALUI MEDIA SOSIA. Jurnal Digital Media & Relationship, 4(2), 46–49. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/929/637

Handayani, S., & Dwiantari, R. (2024). Pemberdayaan Publik Dalam Berinvestasi Melalui Peran Komunikasi Persuasif Influencer Sebagai Public Relations. 2(1), 152–168. https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.675

Hidayatullah, M., Suherman, A., & Salam, A. (2023). Peran Humas Polres Kota Baubau Dalam Menyampaikan Informasi Publik. Journal Of Social Science Research, 3(4), 3211–3221. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3878

Khim, S., Pratiwi, N. I., Satria, W. I., & ... (2023). Manajemen Komunikasi Persuasif Pada Endorsement Selebgram di Instagram. Jurnal …, 13(1), 429–440. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/346%0Ahttps://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/download/346/158

Muhammad, A., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2024). Pengaruh Komunikasi Persuasif Host Live Shopping Tiktok Shop Aerostreet Terhadap Keputusan Pembelian Followers. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–13.

Rahmasari, A., Dionni, G., & Perdana, D. (2023). KOMUNIKASI PERSUASIF SELEBGRAM DALAM ENDORSEMENT PRODUCT KECANTIKAN ( Studi Pada Akun Instagram Selebgram @ alinxcaa ) CELEBRITY PERSUASIVE COMMUNICATION IN PRODUCT ENDORSEMENT BEAUTY ( Study on Selebgram Instagram account @ alinxcaa ). 7(2).

Tamara, D., Heriyati, L., Hanifa, T., & Carmen, M. (2021). The Effect of Instagram Influencers on Purchase Intentions Mediated by Brand Image on Cosmetic Products (Study on Gen Z Women). Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.37275/oaijss.v4i2.90

Tania, C., & Laksono, V. B. (2022). Strategi Pesan Persuasif di Media Sosial Instagram @somethincofficial. Avant Garde, 10(1), 30. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1800

Yuwanda, A., Alma Nuraflah, C., & Luthfi, M. (2023). the Role of Marketing Communication Through Instagram in Increasing Interest Community Treatment in the Main Clinic Jemadi Outpatient. Jurnal Network Media, 6(2), 2569–6446.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4623

Article Metrics

Abstract view : 308 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 yasha langitta setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor