ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAAN EFEKTIF JASA KURIR DAN LOGISTIK PADA INSTAGRAM @POSAJA.OFFICIAL
Abstract
Banyak perusahaan mulai berinovasi untuk mewujudkan transformasi teknologi baru, salah satunya adalah melakukan pemasaran secara digital. Teknik pemasaran digital yang lumrah dilakukan oleh pelaku usaha adalah menggunakan media sosial Instagram. PT Pos Indonesia, merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memanfaatkan Instagram untuk mengikuti arus perkembangan new media dengan akun @posaja.official. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT Pos Indonesia dalam memasarkan layanan jasa kurir dan logistiknya melalui Instagram @posaja.official.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian diambil melalui proses wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran efektif dari (Machfoedz, 2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pesan yang digunakan PT Pos Indonesia untuk memasarkan layanan jasa kurir dan logistiknya sudah efektif namun belum memenuhi kebutuhan konsumen akan informasi secara detail. PT Pos Indonesia menggunakan kedua bentuk kreatif pesan emosional dan rasional dalam menyampaikan informasinya. Pada strategi media, dalam penelitian ini PT Pos Indonesia menggunakan media saluran komunikasi langsung yaitu Instagram dengan memanfaatkan beberapa fiturnya, namun masih banyak penggunaan fitur yang bisa ditingkatkan. PT Pos Indonesia juga memanfaatkan celah konsumen berupa perayaan hari-hari raya. Penelitian ini dapat bermanfaat untuk pelaku usaha yang melakukan komunikasi pemasaran melalui Instagram.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, N., & Nanda, S. E. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Youtube Channel “GadgetIn” terhadap Keputusan Pembelian Gadget. SCRIPTURA, 9(2), 43–50.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, Ed.). CV. Jejak.
Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram sebagai Media Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan pada A.D.A Souvenir Project. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(2).
Aryanti, D., Herawati, M., Firjatullah, F., Juhaida, I. S., Latifah, A., & Kurniawan, K. S. (2022). Anallisis Pengaruh Waktu Upload Konten Terhadap Engagement Akun Media Sosial. The Journal Gastronomy Tourism, 6(1).
Azzahra, N. A., & Sudrajat, R. H. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif @gotbeef.id Melalui Media Sosial Instagram. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 14(1).
Brogan, C. (2010). Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online. John Wiley & Sons.
Elvira, M., Sofyan Prodi Manajemen Komunikasi, A., & Ilmu Komunikasi, F. (2020). Prosiding Manajemen Komunikasi Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa Pengiriman Kurir PT. Pos Indonesia di Era Digital Marketing. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.29313/.v6i2.24586
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Tim Qiara Media, Ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Hadi, A. P., & Suyono, H. (2019). Dari Desa Membuka Dunia (D. Noviansyah, Ed.). Pusat Data dan Informasi Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
Hambali, E. J., & Salma, A. N. (2023). Strategi Marketing Communication Media Sosial Instagram Dalam Membangun Citra Perusahaan Pt Pos Indonesia (Persero). In Agustus (Vol. 10, Issue 4).
Heningdrapraja, A., & Rahardjo, S. T. (2022). Pengaruh Daya Tarik Rasional Dan Emosional Pada Iklan Youtube Terhadap Minat Beli Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Iklan YouTube Pantene ’Bye#RambutCapek Hello #RambutKeCharged). Diponegoro Journal Of Management, 11(3).
Hidayat, T. (2020). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 17(2).
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pusaka Setia.
Ramadhan, R. T., & Kusuma, Y. B. (2023). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan (Studi Pada Harapan Jaya Screen Printing Surabaya). Repository UPN Jatim.
Sari, S. P. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN DI ERA DIGITAL. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.224
Sulistyawati. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif (1st ed.). Penerbit K-Media.
Walid. (2018). Penggunaan Instagram Sebagai Social Media Marketing Dalam Membangun Brand Awareness PLATBM1912 Di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 5(1), 1–10.
Widiastuti, E. J., & Indriastuti, Y. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital @right.store Melalui Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran. Jurnal Representamen, 8(1).
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4555
Article Metrics
Abstract view : 79 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 56 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adrio Kusmareza Adim, Fadia Anindita Syarifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index