ANALISIS PERILAKU KOMUNIKASI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK SISWA SMA DHARMAWANGSA
Abstract
Perubahan yang signifikan telah terjadi dalam kehidupan kita seiring dengan berkembangnya era digital. Banyak orang sekarang menganggap media sosial sebagai sarana hiburan dan kebutuhan pribadi yang tak terpisahkan. Anda mungkin menemukan berbagai macam materi populer dan banyak diminati di TikTok, salah satu situs media sosial terpopuler saat ini. Media sosial TikTok menawarkan beragam fitur menarik yang mampu memberikan hiburan dan mengurangi beban pikiran. Pengguna, terutama para pelajar, cenderung menghabiskan banyak waktu di platform ini karena antusiasme mereka terhadap konten yang ditawarkan. Membuat video yang sedang tren, memberikan pendidikan kepada pengguna TikTok, dan menyalurkan bakat melalui platform ini telah mengubah TikTok dari sekadar hiburan menjadi sumber informasi yang berharga. Rata-rata siswa dan siswi menggunakan aplikasi TikTok untuk menonton video yang mengedukasi dan menghabiskan waktu untuk menggunakan aplikasi TikTok dalam keadaan bosan dan penelitian memberikan saran melalui siswa dan siswi untuk mengupaya adanya media sosial TikTok SMA Dharmawangsa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa dan siswa SMA Dharmawangsa menggunakan TikTok masih termasuk dalam kategori perilaku yang mengandung dampak positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perilaku komunikasi dari pengguna TikTok, yang merupakan siswa SMA Dharmawangsa yang memiliki pengetahuan dan informasi terkait dengan permasalahan yang diteliti.
Kata Kunci : Perilaku komunikasi ,Pengguna Media Sosial TikTok
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku:
Ali Nurdin, Agoes Dkk (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi.Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press
Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DR. Arni Muhammad,1995 Komunikasi Organisasi, Sinar Grafika Offset, Jakarta Hal. 59
Ichwanudin (2003). Perilaku Komunikasi : Definisi Perilaku Komunikasi. Gould dan Kolb, Rogers.Mega
J.S Kalangi. (2016). Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Mulyono, Anton, M. (2001). Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung : Remaja Rostda Karya, 1999), 10
Panuju, Redy. 2018. Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Takariani. (2011). Komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Jurnal:
Amin, A. (2023). Sikap Remaja Dalam Prinsip-Prinsip Komunikasi Islam terhadap Orang Tua di Desa Jaharun Kecamatan Galang, 3(4), 1463-1471.
Basit, L. (2018). Fungsi Komunikasi. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 9(2), 26–42.
Batoebara, Maria Ulfa. Dkk (2020). Aplikasi Tik-Tok Seru-Seruan Atau Kebodohan. Jurnal Network. Vol. 3, No. 2
Gustiana, Z., Satria, W., Amin, A., & Dores, E. (2022). Pelatihan Google Form Sebagai Media Survey Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (2), 77-85.
Harjani Hefni. Pengaruh Komunikasi dalam Kehidupan Perspektif Al-Quran dan Hadis. Vol 10, No 2
Jumrad, O. T., & Mayang Sari, I. D. (2019). Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi Melalui Group Chat Whatsapp Oriflame. Jurnal Common, 3(1), 104–114.
Pannen, Paulina. (1990). Sebuah Studi dalam pencarian informasi dan perilaku penggunaan pelajar residen dan pelajar non residen pada pendidikan tinggi Indonesia Disertasi.
Putri, A., Amanda, D., Yanti, R. F., Amin, A., & Batubara, A. K. (2023). Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 195-208.
Rahmawati, Siska. 2018. Institutional Repositories & Scientific Journals. Fenomena Pengguna Aplikasi TikTok di Kalangan Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung.
Rachmatullah, R., Kardha, D., & Yudha, M. P. (2020). Aplikasi E-Commerce Petshop dengan Fitur Petpedia.
Sulistia, D. A., & Simamora, I. Y. (2023). Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok Di Kalangan Mahasiswa KPI Fakuktas Dakwah
Tangahu, A. T., Djafar, W. S., & Anwar, F. .(2023). Aplikasi TikTok Dan Dampak Terhadap Perilaku Berkomunikasi Siswa SMP Negeri 2 Pinaloguman.SAF: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2),
Wa Ode Sandri Oktavia. Harri Fajar Maulana. Wa Nur Fida. ] jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2023, Hlm. 1369
Wuwungam, K. E., Himpong, M. D., & Lotulung, L. J. H. (2022). Pemanfaatn Media Sosial TikTok Sebagai Sarana Edukasi Bagi Mahasiswa. Vol. 4(2)
Yudha, I., Hasanah , U. , & Fitri, S. N. . (2023). Dampak Pengguna Aplikasi TikTok Dikalangan Mahasiswa Kota Bengkulu ,2(1), 1-6
Skripsi:
Marini, Riska. 2019. Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di Smpn 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah.
Milandy, Mohamad Jovan (2022) Analisis Perilaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pengguna Media Sosial TikTok.
Oktaheriyani, Desy. 2020. Analisis Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tik Tok.
Ramadanti, R. (2022). Analisis Perilaku Komunikasi Komunitas Sahabat Netra (Studi Etnografi Komunikasi).
Rahmawati Eka.(2023) . Dampak Penggunan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas IX di SMPN 9 Tangerang Selatan).
Suherman. (2019). Fungsi Public Relations Dalam Menyampaikan Kebijakan Public.
DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v7i2.4424
Article Metrics
Abstract view : 148 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 88 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vadita Raudha Aini Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:
JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id
Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index