Literasi Media Siswa SMKN 5 Medan

Maria Ulfa Batoebara, Cut Alma Nuraflah, Erni Suyani

Abstract


ABSTRAK
Di Indonesia, dengan keterbukaan yang luar biasa, apa saja yang bisa dijadikan berita dan informasi serta disebarluaskan kepada publik melalui media sosial. Sehingga terkadang berita yang kita lihat tidak lagi tahu informasi yang disampaikan melalui media sosial adalah ada unsur kebohongan di dalamnya.
Dengan penggunaan internet yang aktif, orang menjadi semakin banyak anggota dan mendapatkan informasi. Bagian dari Proses Penyampaian Informasi tentang Negara Republik Indonesia No. 40 tahun 1999 tentang pers, fungsinya.
Pesatnya perkembangan teknologi dan internet memaksa remaja untuk menikmatinya dengan cara mereka sendiri. Informasi yang mereka dapatkan. Sehingga mereka memikirkannya dengan kurang bijaksana. Ini juga terjadi pada remaja yang harus berurusan dengan hukum karena mereka diunggah ke status media sosial yang berisi pidato kebencian. Maksud dan tujuan dari para pemuda ini adalah untuk mengunggah gambar dan tulisan mereka melalui media sosial, untuk melindungi dan melembagakan Joko Widodo atau Jokowi, sehingga gambar dan posting yang diunggah menjadi viral. Menurut pengakuannya, inilah mengapa dia putus asa untuk menghina karena dia kesal dengan kebijakan pemerintah.
Kata kunci: Literasi, Media, Siswa




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v1i2.363

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Network Media



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index