Pola Komunikasi Personal Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Islami Dalam Upaya Pencegahan Terhadap Perilaku Transgender

Syafrudin Lubis

Abstract


Problematika yang akan muncul sebagai akibat dari kurang berfungsinya akal dalam menyeimbangkan elemen ruh dan nafsu adalah problematika individu dengan Tuhannya, problematika individu dengan dirinya sendiri dan problematika individu dengan lingkungannya. Problematika individu dengan Tuhannya merupakan kegagalan individu mewujudkan interaksi vertikal dengan Tuhannya, seperti sangat sulit menghadirkan rasa takut dan sulit meninggalkan perbuatan yang dilarang agama sehingga berdampak kepada munculnya rasa malas dan enggan beribadah. Perilaku menyimpang merupakan perilaku yang muncul sebagai akibat individu selalu merasa tertekan dengan keadaan dan perkembangan zaman yang tidak mampu ia sikapi sesuai dengan ajaran agama. Perilaku menyimpang merupakan semua perbuatan dan tindakan yang bertentangan dengan norma- norma agama, yang dapat terjadi pada setiap periode kehidupan. Dan periode kehidupan yang paling rentan terjadinya perilaku menyimpang adalah periode usia remaja atau usia sekolah. kebingungan individu terkait dengan identitas jenis kelamin yang dimilikinya serta ketidaktahuan akan konsep maskulinitas dan feminitas merupakan ketidakberhasilan pencapaian tugas perkembangan pada aspek kesadaran identitas gender. Kondisi individu yang memiliki kebingungan atas identitas jenis kelamin yang dimilikinya lazim disebut sebagai gangguan identitas gender, fenomena ini lebih dikenal dengan istilah transgender.
Sejatinya, proses seorang anak mulai belajar mengidentifikasikan dirinya, apakah ia laki-laki atau perempuan berawal ketika individu berusia tiga tahun . Pada usia tiga tahun tersebut orang tua mulai memperkenalkan kepada anaknya bahwa ia 

adalah anak laki-laki atau anak perempuan, lengkap beserta peran ataupun kebiasaan-kebiasaan berdasarkan jenis kelaminnya.
Kata kunci : Komunikasi Personal, Nilai-nilai Islam, Transgender.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v1i2.359

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Network Media



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index