Peranan Komunikasi Antarpribadi Dosen Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Dharmawangsa Medan

Muhammad Farid Wibowo

Abstract


Komunikasi antar pribadi yang terjadi dilingkungan kampus pada dasarnya mendukung segala kegiatan didalam kampus. Proses belajar - mengajar dalam lingkungan kampus melibatkan interaksi antara dosen dengan mahasiswa yang tentunya membawa kedua pihak ini terlibat dalam komunikasi antar pribadi. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang sangat efektif diterapkan dilingkungan kampus, contohnya pada saat terjadinya proses belajar dan mengajar. Percakapan atau tanya jawab antara dosen dan mahasiswa didalam kelas jelas merupakan komunikasi verbal.
Penelitian ini berttujuan untuk mengetahui peranan komunikasi antarpribadi Dosen dalam meningkatkan minat belajar Mahasiswa di Fakultas ilmu sosial dan politik Universitas Dharmawangsa Medan.
Hasil Penelitian menunjukkan Komunikasi antarpribadi menjadi nilai-nilai pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Dharmawangsa Medan, dimana jika komunikasi antar pribadi di digalakkan dan dinaikkan maka akan menambah nilai-nilai pendidikan karakter mahasiswa yang lebih baik. Semakin bagus komunikasi antarpribadi yang dijalin oleh dosen dengan mahasiswa, semakin bagus karakter mahasiswa tersebut dengan pendekatan-pendekatan kekeluargaan, akan terjalin komunikasi sehingga tujuan antara dosen dan mahasiswa dapat tercapai dengan baik
Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Minat, Belajar




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v1i2.357

Article Metrics

Abstract view : 244 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 791 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Network Media



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index