IMPLEMENTASI PROMOSI PAKET PROMO TRANSPORTASI ONLINE (GO-JEK) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Nauval Kemal

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Implementasi Promosi Paket Promo Transportasi Online (GO-JEK) terhadap Loyalitas Konsumen. Promosi merupakan salah satu cara perusahaan melakukan komunikasi melalui pesan-pesan yang didesain untuk menstimulasi terjadinya kesadaran (awareness), ketertarikan (interest), dan berakhir dengan tindakan pembelian (purchase) yang dilakukan oleh pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan. Dengan Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan memudahkan pula mempromosikan suatu produk menjadi lebih menarik minat masyarkat. Adapun fenomena transportasi ojek online dan taxi online yang lagi terkenal di Indonesia, pasalnya sarana pengangkutan tersebut berbasis teknologi yang memungkinkan pengguna jasa menggunakan jasanya dimana saja dan kapan saja, dengan memanfaatkan teknologi pada smartphone. Implementasi dari sebuah promosi untuk suatu produk diperuntukan kepada masyarakat yang memiliki loyalitas terhadap penggunaan paket promo yang sudah dipromosikan.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi promosi paket promo transportasi online (GO-JEK) terhadap loyalitas konsumen. Teori-teori yang dibahas dalam penelitian ini adalah implementasi, komunikasi, komunikasi pemasaran, promosi, dan loyalitas.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer tersebut adalah dengan menggunakan metode 

wawancara, sedangkan data skunder berupa data-data lain yang berkaitan dengan topik yang dibahas seperti di atas, ini diperoleh dari buku, perpustakaan dan internet. Informan atau narasumber dalam penelitian ini adalah marketing promosi GO-JEK cabang medan, konsumen GO-JEK. Teknik analisi data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan data reduksi, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi promosi paket promo transportasi online (GO-JEK) terhadap loyalitas konsumen dilakukan melalui promosi yang mencakup penerapan, perencanaan, pengarahan dan periklanan. Dan promosi paket promo ini dapat menarik ketertarikan konsumen untuk menggunakan aplikasi GO-JEK.
Kata kunci: Implementasi, promosi, komunikasi, loyalitas




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v1i2.356

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Network Media



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index