STRATEGI MEMBENTENGI POLA KOMUNIKASI PENGGUNA SOSIAL MEDIA TERHADAP PELANGGARAN UU ITE

Azwita Healty

Abstract


Banyaknya jumlah pengguna media sosial di Indonesia tentu saja memunculkan kesempatan untuk mengoptimalkan kehadiran media sosial sebagai media komunikasi, sehingga kemudian memunculkan pertanyaan, bagaimana penggunaan media sosial untuk mengefektifkan cara berkomunikasi di dalam masyarakat, baik dalam bidang pemasaran, bidang politik maupun dalam bidang pembelajaran.
Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial setidaknya mengisyaratkan bahwa komunikasi penting untuk membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, antara lain lewat komunikasi yang menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain Mulyana (2007:5). Komunikasi merupakan suatu kebutuhan manusia sebagai pembentukan diri, dalam berkomunikasi maka dapat mengetahui karakter dari masing-masing individu dalam melakukan komunikasi dengan orang lain. manusia yang tidak pernah melakukan komunikasi dengan manusia lainnya tidak mungkin mempunyai kesadaran bahwa dirinya adalah manusia. Konsep diri yang paling dini umumnya dipengaruhi oleh keluarga, dan orang dekat lainnya disekitar kita, termasuk kerabat.Komunikasi tidak hanya sebagai pembentukan konsep diri saja akan tetapi komunikasi juga sebagai aktualisasi diri. Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi diri atau lebih tepatnya eksistensi diri. Manusia melakukan komunikasi agar dirinya dapat dikenali oleh banyak orang, kemudian komunikasi juga untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan dan juga untuk memperoleh kebahagian. Sejak lahir, kita tidak dapat hidup sendiri untuk mempertahankan hidup. Kita perlu dan harus berkomunikasi dengan orang lain, untuk memenuhi kebutuhan biologis kita seperti makan dan minum, dan memenuhi kebutuhan psikologis kita seperti sukses dan kebahagiaan. Komunikasi dalam bentuk apapun,

merupakan bentuk dasar adaptasi terhadap lingkungan.
Kata kunci : Strategi, Komunikasi, UU ITE




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v1i2.354

Article Metrics

Abstract view : 527 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 537 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Network Media



Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index