PRINSIP KOMUNIKASI ISLAMI DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Afiadi Amin, Abdul Karim Batubara, Rizki Febri Yanti, Yasmin Cahyaningrum, Amalia Sukma, Adinda Febriana Kheisa

Abstract


ABSTRAK

Ketika orang berkomunikasi, mereka berusaha mencapai makna bersama dan berbagi informasi, ide atau sikap dengan individu lain. Jika tidak ada kemiripan, maka akan terjadi kesalahpahaman makna antara komunikator dan komunikan; alternatifnya, komunikan tidak akan menangkap pesan; akhirnya komunikasi tidak akan berlangsung atau tidak komunikatif. Selain itu, masa kanak-kanak yang berkisar antara usia satu hingga lima tahun merupakan masa yang sangat menantang bagi anak untuk memahami makna bahasa; karenanya, komunikasi harus diperhatikan untuk memastikan bahwa anak-anak tidak bingung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara dokumentasi dan studi kepustakaan (library research). Selain itu, peneliti juga menggunakan metode perbandingan untuk menemukan titik temu dalam proses pembentukan prinsip komunikasi pada anak usia dini. Jenis analisis yang melihat substansi data disebut analisis isi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa anak-anak memasuki apa yang dikenal sebagai "masa keemasan" di usia muda. Ini adalah saat ketika anak-anak kecil dihadapkan pada berbagai rangsangan, yang oleh penelitian ini didefinisikan sebagai "zaman keajaiban". Melalui komunikasi yang jelas dan konsisten dengan anak-anak saat mereka masih muda, kami dapat membantu mereka belajar mengidentifikasi dan membedakan antara yang benar dan yang salah, mempermudah penyelesaian masalah dan mencari kepentingan terbaik bagi anak. Diharapkan ke depannya, anak tidak salah mengambil keputusan tentang orang-orang yang bergaul dengannya di luar keluarga dan tidak bereksperimen dengan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun lingkungan.

 

Kata Kunci: Komunikasi Islami, Komunikasi Usia Dini, Prinsip-Prinsip Komunikasi Islami.



DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v6i2.3539

Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 329 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afiadi Amin, Abdul Karim Batubara, Rizki Febri Yanti, Yasmin Cahyaningrum, Amalia Sukma, Adinda Febriana Kheisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index