EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN PENYELENGGARA TRANSFER DANA BUKAN BANK PADA PT. WORLDWIDE EXPRESS REMITTANCE

Aulia Fitri, Muhammad Luthfi, Muya Syaroh Iwanda Lubis

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai efektivitas media sosial WhatsApp sebagai sarana komunikasi pemasaran penyelenggara transfer dana bukan bank pada PT. Worldwide Expresss Remittance. Penggunaan WhatsApp sebagai alat pemasaran yang sudah tidak lazim di masyarakat, khususnya bagi pedagang online shop yang sedang marak di sektor perdangan barang atau jasa. Tidak sedikit juga usaha bidang jasa yang melakukan pemasaran secara online salah satunya usaha di bidang jasa keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media sosial WhatsApp sebagai sarana komunikasi pemasaran penyelenggara transfer dana bukan bank pada PT. Worldwide Express Remittance Dengan metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi atau pemilihan data, analisis data dalam bentuk uraian untuk dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Worldwide Express Remittance dalam menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi pemasaran belum sepenuhnya efektif. Kendala yang menjadi faktor penghambat dalam efektivitas media sosial WhatsApp sebagai sarana komunikasi pemasaran terkait penggunaan fitur pada media sosial WhatsApp dan kurangnya SDM pengelola yang tepat tidak memanfaatkan keseluruhan fitur yang terdapat pada WhatsApp dalam mengoptimalkan proses pemasaran.

Kata Kunci: Efektivitas, Komunikasi, Media Sosial, Pemasaran, Sarana, WhatsApp.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v6i2.3534

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aulia Fitri, Muhammad Luthfi, Muya Syaroh Iwanda Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index