PENGARUH TERPAAN INSTAGRAM DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROTI ALLDAY BREAD PADA PT. BERKAT DAMAI ABADI MEDAN

Rezha Fahlevi Erandy Girsang, Muhammad Luthfi, Muya Syaroh Iwanda Lubis

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media Instagram untuk roti merek Allday Bread yang digunakan, mengetahui penerapan promosi terhadap peningkatan pembelian konsumen, mengetahui kendala yang dihadapi dalam menggunakan Instagram di PT. Berkat Damai Abadi Medan dan untuk mengetahui pengaruh terpaan Instagram dan promosi untuk meningkatkan pembelian konsumen di PT. Berkat Damai Abadi Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, observasi dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji T, uji F dan uji Determinasi. Hasil pengujian menunjukkan ada pengaruh terpaan Instagram secara parsial terhadap keputusan pembelian Allday Bread pada PT. Berkat Damai Abadi Medan, hal ini diketahui nilai thitung variabel terpaan Instagram sebesar 3,375 yang dibandingkan ttabel sebesar 1,66055 maka 2.062 > 1,66055 yang berarti variabel terpaan Instagram memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian Allday Bread. Selain itu ada pengaruh promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian Allday Bread pada PT. Berkat Damai Abadi Medan, hal ini diketahui nilai thitung variabel promosi sebesar 2.376 yang dibandingkan ttabel  sebesar 1,66055 maka  2.376 > 1,66055 yang berarti variabel promosi memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan pembelian Allday Bread. Selanjutnya ada pengaruh terpaan Instagram dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian Allday Bread pada PT. Berkat Damai Abadi Medan, hal ini diketahui dari harga Fhitung =  101.141 yang dibandingkan Ftabel sebesar 3,09 maka 101.141 > 3,09 yang artinya variabel terpaan Instagram dan promosi secara simultan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) atau berpengaruh positif dengan variabel keputusan pembelian Allday Bread.

Kata Kunci: Terpaan Instagram, Promosi dan Keputusan Pembelian.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v6i2.3533

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rezha Fahlevi Erandy Girsang, Muhammad Luthfi, Muya Syaroh Iwanda Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index