PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BEROBAT MASYARAKAT DI KLINIK UTAMA RAWAT JALAN JEMADI

Amartya Yuwanda, Cut Alma Nuraflah, Muhammad Luthfi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran komunikasi pemasaran melalui media Instagram dalam meningkatkan minat berobat masyarakat di Klinik Utama Rawat Jalan Jemadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilakukan secara langsung di Klinik Utama Rawat Jalan Jemadi yang beralamat di di jl. Jemadi No.8, Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara. Informan penelitian terdiri atas pegawai Klinik Jemadi dan masyarakat yang keseluruhannya berjumlah 15 (lima belas) orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dikumpulkan pada lokasi penelitian menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Klinik Utama Rawat Jalan Jemadi memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran dengan menerapkan 4 (empat) jenis bauran pemasaran yang terdiri atas iklan, promosi biaya pelayanan, hubungan masyarakat serta pemasaran secara langsung. Peningkatan jumlah pasien pengguna layanan yang tersedia di klinik Jemadi dalam kurun waktu setahun semenjak menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran cukup memberikan peran yang berdampak baik untuk kemajuan klinikt. Jumlah pengikut di Instagram juga terus bertambah menjadi bukti bahwa Instagram cukup berperan membangun minat masyarakat Kecamatan Medan Timur terhadap klinik Jemadi. Meskipun, diketahui bahwa komunikasi pemasaran melalui Instagram cukup berperan baik dalam meningkatkan minat berobat di klinik,, akan tetapi peneliti menyarankan agar Klinik Jemadi melakukan evaluasi dalam pemanfaatan Instagram agar lebih aktif lagi untuk meng-update story dan feeds, serta lebih fast response.

 

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Instagram, Minat.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v6i2.3532

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 130 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amartya Yuwanda, Cut Alma Nuraflah, Muhammad Luthfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index