STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENUMPANG PADA MASKAPAI PT.CITILINK INDONESIA BANDARA KUALANAMU MELALUI INSTAGRAM

Ahmad Ridho, Maria Ulfa Batoebara, Budiman Purba

Abstract


ABSTRAK

Persaingan bisnis di bidang penerbangan yang semakin ketat, menuntut setiap perusahaan yang bergerak di bidang bisnis penerbangan harus mahir dalam mengatur strategi pemasaran dan pelayanan untuk menarik kepercayaan konsumen pada masing- masing maskapai penerbangan. Persaingan di dunia penerbangan saat ini terbilang sangat tinggi. Terutama pada masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan secara signifikan jumlah penumpang. Dari insiden tersebut banyak perusahaan besar yang membuat strategi di dunia penerbangan. Misalnya perusahaan Citilink, Air Asia, Batik air, Lion air. Penelitian dilakukan pada maskapai penerbangan PT.Citilink Indonesia cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di lokasi penelitian. Berdasarkan dari analisis dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu : Upaya dalam meningkatkan jumlah penumpang pada maskapai PT. Citilink Indonesia Bandara Kualanamu melalui Instagram sudah berjalan dengan baik walaupun masih belum maksimal, maka sangat diperlukannya mengimplementasikan strategi yang telah dibuat terkhusus pada strategi komunikasi pemasaran melalui sosial media yaitu Instagram. Upaya yang dilakukan membantu dalam meningkatkan jumlah penumpang maskapai PT. Citilink Indonesia dengan adanya pembinaan, pelatihan dan pendampingan dalam melaksanakan strategi pemasaran.

 

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Strategi Pemasaran.



DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v6i2.3531

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Ridho, Maria Ulfa Batoebara, Budiman Purba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index