STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA PT. NIPSEA PAINT AND CHEMICALS MEDAN

Muhammad Reza Lubis, Cut Alma Nuraflah, Muhammad Luthfi

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen di PT. Nipsea Paint and Chemicals Medan, (2) untuk mengetahui dan menganalisis tantangan dalam mempertahankan produk Nippont Paint
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berlokasi di Kantor PT. Nipsea Paint and Chemicals yang beralamat di Jl. Yos Sudarso KM.83 Tanjung Mulia Medan, Provinsi Sumatera Utara. Informan berjumlah sembilan orang yang terdiri dari satu orang Manager Depot, satu orang Kepala Admin, satu orang Bendahara, satu orang Kepala Gudang, satu orang Supervisor, satu orang Checker dan tiga orang Sales. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui data primer yaitu observasi, wawancara dan data sekunder yaitu berupa buku-buku, jurnal, makalah, artikel, dan berbagai tulisan lainnya. Analisis Miles dan Hubermen adalah yaitu (1) reduksi Data (Data Reduction), (2) Penyajian Data (Data Display), (3) penarikan Kesimpulan/verifikasi (conclusion Drawing/verification. Analisis data berdasarkan hasil wawancara dan sumber data yang didapat maka strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah konsumen di PT. Nipsea Paint And Chemicals Medan terdiri dari a). Periklanan, b). Promosi Penjualan, c). Hubungan Masyarakat dan Publisitas, d). Penjualan Pribadi, e).Pemasaran Langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terpenting untuk meningkatkan jumlah konsumen adalah dengan strategi komunikasi pemasaran melalui metode periklanan seperti menyebarkan iklan di media, baik itu media sosial, elektronik ataupun cetak yang dapat membuat produk yang diproduksi diketahui oleh masyarakat. Tantangan terbesar yang paling mempengaruhi dalam meningkatkan jumlah konsumen di PT. Nipsea Paint And Chemicals Medan adalah faktor persaingan dan kompetitor.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Konsumen PT. Nipsea Paint And Chemicals Medan




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v5i2.2259

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Reza Lubis, Cut Alma Nuraflah, Muhammad Luthfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

    

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index