PENGARUH PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MASA PANDEMI (Studi Kasus Dilakukan Pada Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah Jalan Tanjung Mulia Medan)

Inka Safira, Muhammad Luthfi, Muya Syaroh Iwanda Lubis

Abstract


ABSTRAK
Prestasi belajar merupakan hasil pencapaian maksimal menurut kemampuan anak pada waktu tertentu terhadap sesuatu yang dikerjakan, dipelajari, difahami dan diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penggunaan WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar di masa pandemi pada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah Jalan Tanjung Mulia Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Populasinya sebanyak 30 orang siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah. Seluruh populasi digunakan sebagai sampel karena jumlah populasi kurang dari dari 100 orang. Data dan informasi dikumpulkan dengan teknik kuisioner. Teknik analisa data dilakukan dengan analisis tabel tunggal, uji reliabilitas dan validitas, serta uji hipotesis. Penelitian terdiri atas 2 variabel yaitu x (penggunaan WhatsApp) dan y (prestasi belajar) dengan total 20 pernyataan kuisioner. Uji Hipotesis menunjukkan nilai koefision korelasi (rho) terhadap variabel x dan variabel y adalah 0,315. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh yang “rendah tapi pasti” (skala Guilford) antara variabel x dan variabel y, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah Jalan Tanjung Mulia Medan di masa pandemi.

Kata Kunci: WhatsApp, Prestasi Belajar, dan Kegiatan Pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v5i2.2257

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Inka Safira, Muhammad Luthfi, Muya Syaroh Iwanda Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

    

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index