POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENJALIN KEHARMONISAN HIDUP BERMASYARAKAT SUKU JAWA DI LINGKUNGAN IX KELURAHAN MABAR HILIR

Rizky Wulandari, Muhammad Luthfi

Abstract


ABSTRAK

Rumusan masalah yang hendak dikaji dalam Skripsi ini, yaitu Bagaimana pola komunikasi antarbudaya dalam menjalin keharmonisan Suku Jawa terhadap masyarakat di lingkungan IX Kelurahan  Mabar Hilir dengan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi antarbudaya dalam menjalin keharmonisan Suku Jawa dengan masyarakat di lingkungan IX Kelurahan Mabar Hilir.

Jenis  penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif  dengan pendekatan  deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, hasil analisis data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi antarbudaya yang terjadi di lingkungan IX Kelurahan Mabar Hilir yaitu pola komunikasi primer dengan menggunakan lambang verbal proses penyampaian pesan oleh keberagaman Suku kepada masyarakat dengan menggunakan lambang verbal yaitu menggunakan bahasa yang berbeda maupun bahasa yang sama. Bahasa yang digunakan oleh masyarakat Suku Jawa, Melayu, Sunda dan Padang yaitu bahasa Jawa dan indonesia, tetapi jika masyarakat Suku Jawa berbicara dengan sesama Suku mereka menggunakan bahasa Jawa . Dalam menjalin keharmonisan Suku Jawa dengan masyarakat dengan berbeda Suku, sangat terjalin dengan baik dikarenakan Suku Jawa tidak memandang perbedaan agama,Suku,etnis, dan status sosial.

Kata Kunci : Pola Komunikasi Antarbudaya, Keharmonisan, Hidup Bermasyarakat, Suku Jawa.



DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v5i1.1828

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizky Wulandari, Muhammad Luthfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

  

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index