KOMUNIKASI SOSIAL DALAM MEMPERERAT PERSAUDARAAN MASYARAKAT SUNDA DI KOTA MEDAN

Budiman Purba, Cahya Arief Muttaqien

Abstract


ABSTRAK

Penelitan ini bertujuan untuk (1) mengetahui komunikasi sosial masyarakat sunda di kota medan(2) mengetahui gaya hidup masyarakat sunda di kota medan (3) mengetahui hambatan interaksi masyarakat sunda di kota medan (4) mengetahui cara mempererat hubungan masyarakat sunda di kota medan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat sunda di kota medan yang berjumlah tujuh orang dari berbagai latar belakang pekerjaan dan pendidikan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sunda di Kota Medan saling mengenal dan sering melakukan sebuah komunikasi diantara masyarakat sunda lainnya,akan tetapi  komunikasi sosial masyarakat sunda di masih belum terjalin dengan baik. Komunikasi dan saling mengenal satu sama lain itu  hanya terjalin diantara kelompok kelompok atau komunitas tertentu saja belum secara menyeluruh. Begitu juga ketika ada suatu kemalangan atau kegembiraan yang terjadi pada masyarkat sunda di Kota Medan, saling membantu atau support hanya terjadi pada kelompok kelompok atau komunitas tertentu saja belum secara menyeluruh. Ada beberapa waktu tertentu yang menjadi waktu pertemuan khusus masyarakat sunda di Kota Medan, akan tetepi tidak semua kalangan dapat berkumpul di waktu tersebut. Hanya orang orang yang mengikuti perkumpulan atau komunitas tertentu saja yang dapat mengikuti kegiatan tersebut. Implikasi dalam penelitian ini adalah agar masyarakat sunda di kota medan dapat mempererat persaudaraan di tanah perantauan tanpa memandang status dan kelas sosial seperti yang diajarkan leluhur orang sunda bahwa kita harus silih asah silih asih dan silih asuh.

Kata Kunci : Komunikasi Sosial, Medan,  Mempererat Persaudaraan, Sunda,  Undhar




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1402

Article Metrics

Abstract view : 781 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 608 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Budiman Purba, Cahya Arief Muttaqien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index