Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Peningkatan Pengetahuan Umum Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Cirebon

Yusuf Sapari, Rizki Budhi Suhara, Moh Nurhidayat

Abstract


Abstrak
Smartphone yang dipakai sehari-hari dalam kehidupan kita ternyata banyak membantu dalam kelancaran dan pencarian informasi yang dibutuhkan. Smartphone bukan hanya sebagai alat komunikasi saja tapi ternyata bisa membantu pekerjaan yang dilakukan seperti transaksi pembayaran, pencarian informasi yang kita butuhkan, jual-beli melalui online shop, membantu dalam menambah pengetahuan dan wawasan terhadap berita/ informasi yang ada dan masih banyak lagi.
Jurnal Network MediaVol: 4 No.1 Februari 2021 | ISSN (P) : 2569 – 6446 | ISSN (E) : 2722-9319
52
Mahasiswa sebagai pengguna smartphone di satu sisi banyak digunakan sebagai alat untuk pencarian informasi dan pengetahuan dalam memenuhi tugas yang harus dikerjakan. Mahasiswa cenderung menggunakan fasilitas fitur mesin pencari (search engine) yang ada di smartphone sebagai alat pencarian informasi yang berkaitan dengan tugas maupun informasi akademis di perguruan tinggi tsb.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan seberapa besar pengaruh penggunaan smartphone untuk meningkatkan pengetahuan umum bagi mahasiswa prodi Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Cirebon. Metode penelitian yang digunakan bersifat survai eksplanatif dengan pengambilan sampel penelitian 73 responden dengan cara acak sederhana dari populasi 275 mahasiswa yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian regresi linear sederhana diperoleh nilai R dan R Square sebesar 0,087 dan 0,651 sehingga 65,1% peningkatan pengetahuan umum dipengaruhi karena penggunaan smartphone, sedangkan 34,9% dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti. Dan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung adalah sebesar 11.518 dan nilai t tabel sebesar 1.666 dengan nilai signifikasi 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak, dan perhitungan regresi linear sederhana diperoleh nilai B = 0,738 artinya penggunaan smartphone berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pengetahuan umum mahasiswa dan setiap satu perubahan dalam variabel penggunaan smartphone akan mempengaruhi peningkatan pengetahuan umum sebesar 73,8%.
Kata Kunci: Penggunaan Smartphone, Peningkatan Pengetahuan Umum




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v4i1.1153

Article Metrics

Abstract view : 666 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 550 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusuf Sapari, Rizki Budhi Suhara, Moh Nurhidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Network Media Berkolaborasi dengan:

 

NETWORK MEDIA : JURNAL ILMU KOMUNIKASI published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index