PENGARUH KREATIVITAS PERIKLANAN DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI SHOPEE

Ida Budi Ningsih, Dewi Kurniawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas periklanan di televisi terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee(Studi pada siswa SMK Broadcastng Bina Creative (BBC) Medan) Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Broadcasting Bina Creative (BBC) Medan yang terdaftar sebagai siswa di sekolah tersebut sebanyak 164 siswa. Sampel diambil menggunakan pendapat Arikunto yaitu sebanyak 33 siswa. Dengan teknik sampling yang digunakan proportional stratified sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada responden pernah melihat tayangan iklan Shopee di televisi dan melakukan pembelian minimal 2 kali. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi sederhana, uji hipotesis, melalui uji-t dan uji koefsien determinasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menggunakan uji signifikan parsial (uji t) menunjukkan bahwa kreativitas periklanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 8,173 > 2,03951 dan signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan dengan koefisien determinasi diperoleh R sebesar 0,826 (82,6%) yang menunjukkan bahwa hubungan antara kreativitas periklanan dan keputusan pembelian cukup erat. Nilai R Square sebesar 0,683 menunjukkan bahwa 68,3% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kreativitas periklanan.

Kata kunci: Kreativitas Periklanan, Keputusan Pembelian, Aplikasi Shopee




DOI: https://doi.org/10.46576/jnm.v4i1.1141

Article Metrics

Abstract view : 784 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 754 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ida Budi Ningsih, Dewi Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Terindex pada:

   

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media Berkolaborasi dengan:

 

JURNAL ILMU KOMUNIKASI NETWORK MEDIA  published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : network@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Jurnal Ilmu Komunikasi Network Media by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/junetmedia/index

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor