PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI LENTERA COFFEE TANJUNG MORAWA

Muhammad Rizal, Farida Hanum Nasution, Teguh Dwi Putra

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen produk kopi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 konsumen dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner pada konsumen lentera coffee Tanjung Morawa dan data sekunder yang diperoleh dari lentera coffee Tanjung Morawa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi yang dioperasikan melalui SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial terdapat pengaruh positif signifikan terhadap kualitas produk (X2) terhadap kepuasan konsumen. Sementara secara simultan kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen lentera coffee. Dalam hal ini berarti variabel kualitas pelayanan (X1) dan variabel kualitas produk (X2) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan kualitas produk (X2) mampu menjelaskan kepuasan konsumen sebesar 69,3%. Sedangkan sisanya 30,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen

References


Alvin Mariansyah & Amirudin Syarif (2020), Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Café Kabalu Universitas bina darma (jurnal)

Chandra, T., Hafni, L., Chandra, S., Purwati, A. A., & Chandra, J. (2019). The Influence Of Service Quality , University Image On Student Satisfaction And Student Loyalty. Benchmarking: An International Journal, 26(5), 1533–1549. Https://Doi.Org/10.1108/BIJ-07-2018-0212

Desikasari. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makyung Martabak & Cafe Medan. Skripsi Publikasi, 56.

Dr. Meithiana Indrasari (2019), Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Buku Cetakan pertama. Unitomo Press, Jawa Timur

Farah Diza, Silcyljeova Moniharapon, & Imelda W. J Ogi (2016), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pt. Fifgroup Cabang Manado). universitas sam ratulangi manado (jurnal)

Fardiani, N. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery& Cafe Pandanaran Semarang. Skripsi Publikasi, 75.

Hasoloan A, Suci Nurhayati (2021), Pengaruh kualitas pelayanan beauty presenter

terhadap kepuasan konsumen pada PT. Focus Distribusi

Nusantara, Jurnal publikasi reform universitas dharmawangsa medan, 8 (1), 39-50

Isnaini putri (2021). Pengaruh startegi pemasaran dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT Surya Mentari Indah Medan, skripsi universitas dharmawangsa

Liany, F. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Minuman Kopi Terhadap Kepuasan Konsumen di Yellow Truck Coffee Bandung. Skripsi Publikasi, 110.

Manullang, M & Pakpahan, M. 2024, Metode penelitian, proses penelitian praktis,

Bandung : Penerbit Cipta pustakaan Media.

Putri, E. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Warda Cosmetics di Indonesia). Skripsi Publikasi, 161.

Rachman, R.A. & Kusuma, H.E. (2014). Definisi Kebetahan dalam Ranah Arsitektur dan Lingkungan Perilaku. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2014, Program Studi Teknik Arsitektur, Universitas Sriwi-jaya, Nov. 2014.

Risatul Umami, As’at Rizal, Sumartik, (2019) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Café Volume 15, Nomor 2, Oktober 2019. Hal. 250-257. Jurnal

Roselina, A. (2019). Analis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Elsa Hijab Semarang. Majalah Ilmiah Solusi, 14.

Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. EMBA

Siregar, S. (2018) Metode penelitianKuantitatif : Dilengkapi dengan perbandingan manual & SPSS. Jakarta : KENCANA

Sudaryono (2017) Metode penelitian Cetakan pertama, penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sudaryono (2017). Pengantar manajemen (teori dan kasus), cetakan pertama, penerbit Yogyakarta : CAPS.

Sufa, M. F., & Harini, D. (2017). Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan Sebagai Upaya Menjamin Kepuasan Pelanggan. jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 89–96.

Sugiyono, 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Indonesia : Alfabet Bandung

Sugiyono. (2017). Metode penelitian : kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung

: ALFABET

Tarigan, P. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Kita-Kita Tour and Travel). Skripsi Publikasi, 143




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v10i2.7750

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

JURNAL BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

JURNAL BISNIS CORPORATE published by :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

JURNAL BISNIS CORPORATE by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen