PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA GOPEK STORE KOTA MEDAN

Dini Saprida Apriliyanti, Teuku Fahmi, Asrindah Nasution

Abstract


Loyalitas konsumen merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Jika perusahaan memiliki konsumen yang loyal maka hal tersebut dapat menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Seseorang konsumen dikatakan loyal apabila pelanggan tersebut mempunyai komitmen yang kuat untuk membeli dan mengkonsumsi produk tersebut secara rutin meskipun terjadi kenaikan harga dari produk tersebut tetapi tidak akan terpengaruh dengan hal tersebut. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen diantaranya variasi produk dan kualitas pelayanan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variasi produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Gopek Store Kota Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran yang berkaitan dengan variasi produk, kualitas pelayanan dan loyalitas konsumen.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5.100 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 98 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data menggunakan program software SPSS (versi 26).

Dari hasil penelitian tersebut, secara parsial diketahui bahwa variasi produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dibuktikan dengan hasil nilai koefisien regresi variabel variasi produk sebesar 0,238 dan variabel kualitas pelayanan sebesar 0,611 yakni bernilai positif, dengan variabel variasi produk nilai thitung (2,167) > ttabel (1,66105) serta nilai signifikansi (0,033) < (0,05) yang berarti H01 ditolak dan Ha1 diterima dan variabel kualitas pelayanan nilai thitung (7,887) > ttabel (1,66105) serta nilai signifikansi (0,000) < (0,05) yang berarti H02 ditolak dan Ha2 diterima. Kemudian hasil nilai Fhitung (108,869) > Ftabel (3,09) yang berarti variasi produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan variasi produk dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh sebesar 69,6% terhadap loyalitas konsumen dan sisanya 30,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen

References


Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Andriasan Sudarso. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: Budi Utama

Denziana, A., Indrayenti, I., & Fatah, F. 2014. Corporate Financial Performance Effects Of Macro Economic Factors Against Stock Return. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 5(2).

Efnita, T. 2017. Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2).

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta : Andi. Faradisa, Isti., Leonardo Budi H & Maria M Minarsih. 2016. Analisis Pengaruh

Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli

Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeshop Semarang (Icos Cafe). Journal Of Management. Vol 2 No 2.

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149–159.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

(Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Jumarodin, J., Sutanto, A., & Adhilla, F. 2019. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di Umy. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102–119

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Leonardo, & Purba, T. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pt wap logistikindo. Jurnal Rekaman, 4(2), 442–452

Made Caesar Surya Dwi Putra, dan Ni Wayan Ekawati. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Hatga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol.6, No.3, 2017, Hal. 1674-1700.

Miswanto. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Tahu Tuna “Dewa Ruci” Pacitan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo: Ponorogo

Moenir, H. 2017. Manajamen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, Sri & Yohana. 2017. Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pasien BPJS Ruang Sal dengan Menggunakan Metode Potential Gain Customer Value. Jurnal Teknik Industri Universitas Malikusaleh. 6(2), 23–30, ISSN 2302 934X

Muhlidin & Rowiyani & Muslikhun. 2023. Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Ramai Semarang. Jurnal Akuntan Publik, 1(1), 130-141

Nurrohman, Minarsih, M. M., & Warso, M. M. 2016. Analisis Pengaruh Letak, Variasi Produk dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Pasar Gayamsari Semarang). 2(2), 1–18.

Oktaviani & Septiani. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Varian Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Kelontong. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam. 1(5), 32-43

Rahayu. Elly. 2018. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. I(1), 7-12 .

Riyanto,S., & Hatmawan, A. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2018. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis.

Yogyakarta, CV. Andi Offset.

Silalahi, Asda. 2021. Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Naavagreen Natural Skin Care Batam. Universitas Putera Batam: Batam

Sinambow Sandi dan Trang Irvan. 2015. Pengaruh Harga, Lokasi, promosi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA. Vol 3. No 3. Hal 300-311.

Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Wibawanti, Listya. (2022). Pengaruh Harga Produk, Variasi Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Luwes Boyolali. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta: Surakarta

Zumri, M & Purnomo, Bambang. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Koperasi Pondok Pesantren Nafakah Batuporo Timur Kedungdung Sampang. Jurnal Soetomo Business Review. 4(3), 338-351




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v10i2.7748

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dini Saprida Apriliyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

JURNAL BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

JURNAL BISNIS CORPORATE published by :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

JURNAL BISNIS CORPORATE by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen

gacormen