PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TIKET ONLINE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT.KERETA API INDONESIA DIVRE I MEDAN

Mhd Aditya Pranata, Teuku Fahmi, Teguh Dwi Putra, M. Jaka Wiratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan Tiket Online terhadap Kepuasan Pelanggan PT Kereta Api Indonesia Divre 1 Medan. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif. Populasi yang terdapat pada penelitian ini ialah seluruh pelanggan konsumen PT Kereta Api Indonesia Divre 1 Medan yang pernah melakukan pemesanan tiket secara online menggunakan aplikasi, sedangkan penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dan menggunakan teknik sampling Accidental Random Sampling yang pada akhirnya diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Pada penelitian data yang digunakan adalah data priemer dan data sekunder. Pengujian yang dilakukan adalah uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Pengujian hipotetsis melakukan analisis regresi sederhana, uji F dan uji T. Hasil pada penelitian ini yaitu, kualitas pelayanan tiket online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan PT Kereta Api Indonesia Divre 1 Medan

Keywords


Kualitas pelayanan tiket online, kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Basu Swasta Irawan, Manajemen Pemasaran Modern (Yogyakarta: Liberty, 2018), 11923. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Chrismastianto, I. A. W. (2017). Analisis swot implementasi teknologi finansial terhadap kualitas layanan perbankan di indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 133-144.

Demirci Orel, F., & Kara, A. (2019). Supermarket self-checkout service quality, customer satisfaction, and loyalty: Empirical evidence from an emerging market. Journal of Retailing and Consumer Services, 21, pp.118–129.Fajrianthi, & Farrah, Z. (2019). Strategi Perluasan Merek dan loyalitas konsumen

Fandy Tjiptono dan Diana, A. (2017). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, Imam. (2019). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS

Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72-78.Insan Vol. 7 No. 3, Desember 2005, 7, 276-288.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management. 15e Edition. Pearson Education Limited.

Kuntari, B., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT Astra International Tbk â Daihatsu Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 196–202.

Mutiawati et al., (2019:7) Mutiawati, C., Suryani, F. M., Anggraini, R., & Azmeri. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Sleman. Deepublish (Grup Penerbitan Cv Budi Utama ).

Nasution, M.Nur.2015. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghali Indonesia.

Ningsih, D. H.U., Santoso, D. B.,Mariana, N., & Saefurrohman, S. (2022). Model Serach Engine Optimization (SEO) bagi UMKM Untuk Meningkatkan Popularitas Dan Pengunjung Website. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11(3), 415-422

Orientani, R., & Jumhur, H. M. (2017). Kualitas Layanan Tiket Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 10(2), 42-49.

Pattaray, A., Aini, W., Ratmaja, L., Sri Wahyuni, E., & Hadi, A. (2021). Konsep Pelayanan Bagi Wisatawan Penyandang Disabilitas. Malang. CV Literasi Nusantara Abadi.

Prasetio, A., Ashoer, M., Hutahaean, J., & Simarmata, J. (2021). Konsep Dasar E- Commerce. Yayasan Kita Menulis.

Purba, M. M. (2021). Pemesanan Tiket Kereta Api Online (E-Ticketing) Menggunakan Aplikasi KAI Access. JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 6(2), 175-194.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9

Romindo, R., Muttaqin, M., Saputra, H., & Wahyudin, D. (2019). E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal ilmu manajemen terapan, 3(1), 104-114.

Septiarini, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Activewear terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan Elektronik (E-servqual) sebagai Variabel Mediasi. Portofolio: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 19(1), 59-76.

Syahputri, A. Z., Della Fallenia, F., & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160- 166.

Zhafirah,R.,Hendra.S., & Nur,A. (2023). Analisis Penerapan Informasi Akuntasi Terhadap Penjualan E-Tiket Menggunakan Aplikasi Kai Acces.Jurnal Kendali Akuntasi 1(4), 279-292.

Zulfahmi, D. (2019). Analisis Harga, Kualitas Pelayanan Elektronik,Promosi Serta Lokasi Terhadap Keputusan Customer Menggunakan Jada Ojek Online (Studi Kasus Pada Customer Go-jek Wilayah Medan Amplas). Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v10i1.6262

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Aditya Pranata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

JURNAL BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

JURNAL BISNIS CORPORATE published by :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index