ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS FREE KARAOKE PADA KEPUASAN PELANGGAN DI CAFE UNGU PULO BERAYAN

Awi Awi, Teuku Fahmi, Asrindah Nst, M. Jaka Wiratama

Abstract


Cafe saat ini merupakan tempat trongkrongan paling trend di kalangan semua orang, baik itu anak muda atau pun orang dewasa. Persaingan cafe saat ini juga semakin ramai dan beragam pelayanan ditawarkan oleh masing-masing pihak. tawaran yang diberikan berupa kualitas pelayanan dan atau fasilitas yang menarik untuk pengunjung cafe saat ini. Namun tawaran pelayanan tersebut harus dapat memberikan kepuasan pada pelanggan. Untuk mengatasi permasalah itu diperlukan sebuah inovasi baru atau ide baru dan adanya identifikasi terkait hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan dan fasilitas free karaoke pada cafe ungu pulo brayan. Hasil penelitian bahwa masing-masing variabel sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Namun variabel kualitas pelayanan adalah variabel yang sangat berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan.

Keywords


Café, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Karaoke Dan Kepuasan Pelangan

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. P., Suparwo, A., Yuliyana, W., Sunarsi, D., & Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 186-190.

Damayanti, S., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Bandoengsche Melk Centrale Kota Bandung. Banking and Management Review, 9(2), 1330-1344

Hardani,dkk.(2020:124) Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Hanila, S., & Hidayat, R. (2019). Hubungan Harga dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Toko Perlengkapan Baju Sekolah Elis Kota Bengkulu. Ekombis Review, 50-57.

Hermawan, Wawan. Budima, Dedi., Hutagao, Parulian. 2016. Pengaruh Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Dalam Pendaftaran Tanah Pertama Kali Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor.Jur.Ilm.Kel. & Kons, Vol. 9, h. 65-75.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller., (2016), Marketing Manajemen Edisi 15, Pearson Education. Inc. New Jersey

Kotler., (2017), Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 1 & 2, Penerbit: PT.Prenhalindo, Jakarta

Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. Volume 5(1), 348–358.

Lestari, N. E. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Waroeng Steak and Shake Cabang Margonda Depok. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2), 107-115.

M.Ismail Yustanto, Pengantar Manajemen Syariah (Jakarta: Khairul Bayan, 2003), 21.

Muhammad, F., & Febriatmoko, B. (2022). Pengaruh diferensiasi produk, persepsi harga, kualitas layanan dan kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. JURNAL MANAJEMEN, 263-270.

Maulidi, E. (2017). Definisi Cafe. Jurnal pendidikan dan pengajaran

Maharani, N.(2016). Konsumen Ruang Cafe : Penanggung Publik Yang Personal (Studi kasus dinamika pola konsumsi dan pemaknaan ruang cafe di kota Yogyakarta). [Tesis,Universitas Gadjah Mada], 144

Sore, A. D., Suryati, E., & Pelipa, E. D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Toko Intan Market Lintas Melawi Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 277–286.

Sulistyawati, N. M. A, & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar (Doctoral Dissertation, Udayana University). E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2318- 2332.

Syah, D. O., & Prakasya, R. Y. (2013) Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP). Jurnal Bijak 10(1), 185-212

Tjiptono, Fandy. dan Anastasia Diana 2015, Pelanggan Puas? Tak Cukup!, Edisi Pertama, Yogyakarta : CV Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v10i1.6260

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Awi Awi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

JURNAL BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

JURNAL BISNIS CORPORATE published by :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index