STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH KPR SUBSIDI (Studi Pada Konsumen Perumahan Sari Indah Permai 3 Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun)

Yopi Andreansyah, Teuku Fahmi, Asrindah Nasution

Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian rumah KPR subsidi pada konsumen Perumahan Sari Indah Permai 3, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan meliputi empat aspek utama: (1) Product – rumah yang ditawarkan telah memenuhi Standar Nasional Indonesia dengan struktur bangunan yang jelas dan berkualitas; (2) Price – harga rumah relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan perumahan lainnya, sehingga menarik minat konsumen; (3) Place – lokasi perumahan strategis, mudah diakses, dekat dengan pusat keramaian, serta memiliki lingkungan yang nyaman dan sistem keamanan yang baik; (4) Promotion – promosi dilakukan melalui media online seperti Facebook dan Instagram, iklan koran, serta pembagian brosur, namun masih kurang optimal dalam pelaksanaannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi bauran pemasaran yang diterapkan telah berkontribusi dalam meningkatkan keputusan pembelian rumah KPR subsidi di Perumahan Sari Indah Permai 3. Namun, masih terdapat beberapa kelemahan, seperti keterbatasan promosi dan aspek desain rumah yang perlu diperbaiki, terutama dalam tata letak kamar mandi. Oleh karena itu, disarankan agar pengembang meningkatkan strategi pemasaran dengan menambah variasi promosi, memperbaiki aspek desain rumah berdasarkan kebutuhan konsumen, serta memperluas jangkauan informasi mengenai keunggulan perumahan ini untuk menarik lebih banyak calon pembeli.

Keywords


Strategi Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Perumahan KPR Subsidi

Full Text:

PDF

References


Ajat, R. (2018). Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Brahim, E. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaam Akuntansi dan Keuangan Lembang SMK/MAX Kelas XI Semester 2 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Program Keahlian akuntansi dan Keuangan Lembaga Pertama. Edited by V. Anantya. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Elwin, frandika S. dan S. (2022). Pengaruh Harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah KPR subsidi di PT SInar Jaya Putra Kampar Batam. Jurnal Paradigma Ekonomika, Vol.17.

Fawzi, Ahmad Syrief Iskandar, Heri Erlangga, and H. N. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. 1 St Ed. Edited by D.A Putri Tanggerang Selasatan.

Irawan, M.. R. N.. Sayekti, L.I.. & Ekasari, R. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata. Promosi dan Harga Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pada Wisata Wego Lamongan. Jurnal Ecopreneur.12, 4(2).

Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Manajemen. 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kotler, P. dan G. A. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. dan G. A. (2018). Principles Of Marketing. 17th Edition, New Jersey: Prentince Hall.

Mardiani, A.D., Yani, A., & Napisah, S. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Bersubsidi Kota Pangkal Pinang. Jurnal 126 Ekonomi Dan Manajemen STIE Pertiba Pangkal Pinang, 6(1), 96-104.

Nazarudin, H. (2020). Manajemen Strategik. Palembang: NoeFikri Offset.

Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.

Safitri, dkk.(2024). Analisis SWOT terhadap pengembangan strategi bisnis pada warung makan asyik desa balunjuk. Bangka Belituang: Manuhara

Saribu, H. D. T. dan E. G. M. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astaragphia Medan. Jurnal Manajemen, Vol.6.

Setiyana, Y., & Widiyasari, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Honda Vario. 46-483.

Sugianto, A., & Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku di CV. Sinar Abadi Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 174-184.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Yogyakarta: CAPS.

Tabroni, & Komarudin, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Kredit Rumah di PT. Hari Pelangi Propertindo. Indonesia Jornal of Business and Management, 1(2), 151-164.

Tjiptono, Fandy, & G. (2018). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2015). Edisi 3. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2014). Manajemen jasa. Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Offset

Tresnanda, Dick, A., Arifin, Zainul, & S. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei Pada Konsumen Perumahan Blukid Residence Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis.

Veronika, J., & H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe di Kota Batam. Journal OF Managemnt, Accounting, Economic and Business.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v10i1.6212

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF – 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 yopi andreansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

JURNAL BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

JURNAL BISNIS CORPORATE published by :

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index