ANALISIS STRATEGI PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT PT. ABDI BUDI MULIA (ABM)

Lin Afrita Br Purba, Aswand Hasoloan, Asrindah Nst

Abstract


PT. Abdi Budi Mulia (ABM) merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit lebih dari 30 tahun. Berdasarkan informasi yang didapat, perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi dan pengelolaan Minyak Kelapa Sawit. PT. Abdi Budi Mulia (ABM), Teluk panji berfokus pada penghasil Crude Palm Oil (CPO) dan Inti Sawit yang diolah oleh PKS berkapasitas 45 Ton TBS/Jam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan pengendalian biaya produksi pada Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT. Abdi Budi Mulia (PMKS PT. ABM I) serta untuk mengetahui apakah biaya produksi terkendali di Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT. Abdi Budi Mulia ( PMKS PT. ABM I) sehingga mampu meningkatkan profitabilitas produksi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan pengendalikan biaya produksi, perusahaan menyusun anggaran tahunan. Anggaran pengolahan disusun setiap satu tahun sekali pada akhir tahun. Hasil analisis Evaluasi Strategi Pengendalian Biaya: Penelitian pada Pabrik Minyak Kelapa Sawit PT. Abdi Budi Mulia (ABM) mengungkapkan bahwa strategi pengendalian biaya yang diimplementasikan telah memberikan dampak signifikan terhadap efisiensi biaya produksi. Upaya dalam pengoptimalan penggunaan bahan baku, tenaga kerja, dan overhead telah berkontribusi dalam penurunan biaya produksi.


Keywords


Strategi, Pengendalian, Biaya, Produksi.

References


Carter, Usry. 2014. Akuntansi Biaya. Ed. 13. Bandung: Salembang Empat.

David. 2014. Manajemen Strategis, Analisis SWOT. Ed. 11. Balikpapan: Salembang Empat,2011.

Juvita, Pratiwi. 2016. “Penerapan Biaya Standar Dalam Pengendalian Biaya Produksi Pada PT. Pertani (PERSERO) Cabang Sulawesi Utara.” Juvita Pratiwi 27(21):2877– 83. doi: 10.3969/j.issn.1004-

X.2016.21.007.

Pita, Ratna, Sari Br Ginting, dan Lamria Sagala. 2019. “Analisis Anggaran Biaya Produksi Sebagai Alat

Perencanaan Dan Pengendalian Biaya Produksi Pada Pt. Indapo Batu Rongkam.” 1(1):40–46.

Putri, Anisa Gerhani, dan Endah Dwi Kusumastuti. 2022. “Analisis Penerapan Biaya Standar terhadap Pengendalian Biaya Produksi pada Javasublim.” Indonesian Accounting Literacy Journal 2(2):337–46. doi: 10.35313/ialj.v2i2.3162.

Selviana, Rhika, Program Studi, Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Fakultas Keguruan, Dan Ilmu, dan Universitas Riau. 2017. “Analysis of Budget As Planning and Production Cost Control in Pt . Perkebunan Nusantara V Palm Oil Factory Sei Pagar Kecamatan Perhentian Raja Pengendalian Biaya Produksi Pada Pt . Perkebunan.” 1–11.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Elektronik. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i1.4802

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index