PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH PELANGGAN PADA PT. SINARMAS MULTIFINANCE MEDAN

Muhamad Ilyas, M. Asnawi, Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap peningkatan jumlah pelanggan pada PT. Sinarmas Multifinance Medan. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan metode analisis regresi linear berganda dengan jumlah populasi sama dengan jumlah sample sebanyak 84 orang (sample jenuh). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media sosial secara parsial terhadap jumlah pelaggan PT. Sinarmas Multifinance Medan. Hal ini diketahui nilai thitung  >ttabel (3,415 > 1,663) berarti variable media sosial memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel jumlah pelanggan. Ada pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap jumlah pelanggan PT. Sinarmas Multifinance Medan. Hal ini diketahui nilai thitung  >ttabel (13,787 > 1,663) berarti variabel kualitas pelayanan memiliki hubungan yang nyata (signifikan) dengan variabel jumlah pelanggan. Ada pengaruh media social dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap jumlah pelanggan PT. Sinarmas Multifinance Medan. Hal ini diketahui nilai Fhitung  >Ftabel (124.592 > 3,11) berarti variable media sosial dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) atau pengaruh positif dengan variable jumlah pelanggan.


Keywords


Media Sosial, Kualitas Pelayanan dan Jumlah Pelanggan.

References


Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran Perusahaan Jasa (Cetakan 1). Jakarta: Salemba Empat.

Daryanto dan Setyobudi (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Nasution. M. Nur (2015). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality. Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Putri, Wilga Secsio Ratsja (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1

Render, B,. & Heizer, J. (2013). Prinsip-prinsip Manajemen Operasi (Edisi 1), Jakarta: Salemba Empat.

Rian Fadli (2018). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Vapormxpku Dalam Meningkatkan Promosi Penjualan’, Jurnal Bisnis Terapan, 3.9 (2019), 25–32.

Ruri Rodiah (2014). Analisis Penerapan Kualitas Pelayanan dalam Upaya Peningkatan Jumlah Pelanggan pada PT. LG Electronics Indonesia Medan. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (Cetakan 12). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru. Press.

Syahfruddin (2011). Manajemen Pemasaran. (Cetakan 2). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (Edisi 2). Yogyakarta: Andi Offset.

Wiryaningtyas (2016). Behavioral Finance dalam. Pengambilan. Keputusan. UNEJ E-Proceeding, 339–344




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i1.4800

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index