PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PANEL PADA PT. DUTA ANGGUNG ANUGRAH MEDAN

Miftakhul Huda Bakhtiar, Muhammad Amri Nasution, Al Firah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian produk panel pada PT. Duta Agung Anugerah Medan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui daftar pernyataan (kuesioner) dan studi dukomentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Variabel diukur dengan skala likert. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda melalui uji t dan uji f. Secara parsial, hasil uji t untuk X1 strategi pemasaran berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (2,146 > 1,984). Secara parsial, hasil uji t untuk X2 kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (9,054 > 1,984). Secara parsial, hasil uji secara simultan atau uji f menunjukkan pengaruh sangat nyata terhadap keputusan pembelian produk panel pada PT. Duta Agung Anugerah Medan, berdasarkan uji F diketahui Fhitung > Ftabel (28,784 > 3,94) sehingga hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa strategi pemasaran dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian produk panel pada PT. Duta Agung Anugerah Medan. Uji R2 dengan nilai koefisien determinan sebesar 0,519 berarti keputusan pembelian produk panel pada PT. Duta Agung Anugerah Medan Autotrans dapat dipengaruhi oleh strategi pemasaran dan kualitas produk sebesar 51,9%.


Keywords


Strategi Pemasaran, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Djohan, Agustina Johanes. (2016) Manajemen Dan Strategi Pembelian, Malang:Media Nusa Creative

Firmansyah, Anang (2019). Pemasaran (Dasar Dan Konsep). Copyright: CV. Penerbit Qiara Media.

Kotler, Philip dan G. Amstrong. (2018). Prinsip-prisip Pemasaran. Edisi. 13. Jakarta: Erlangga

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset

Sahnan Rangkuti, SE, MAP. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran Internal Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Pt. Capella Medan. Jurnal Bisnis Corporate :Vol. 3 No. 1 Juni 2018 | ISSN : 2579 – 6445.

Sugeng Widodo, Epa Nur Hasanah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Perangkat Parkir Pada Pt Tri Wahana Solusindo. Jurnal Ilmiah Feasible: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, Vol.2. No.2 Agustus 2020: 126-139.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v9i1.4797

Article Metrics

Abstract view : 58 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index