Analisis Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Bertha Kota Medan
Abstract
Aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai bentuk transformasi digital yang dapat digunakan peserta dimanapun dan kapanpun. Fenomena ketidakpahaman peserta Klinik Pratama Bertha dalam menggunakan aplikasi mobile JKN, tidak semua peserta JKN-KIS memiliki smartphone untuk mengakses aplikasi mobile, kesulitan mengakses aplikasi mobile JKN dikarenakan lokasi tinggal warga di daerah pelosok yang sering mengalami gangguan jaringan/signal, tagihan yang tidak sesuai setelah dilihat dengan kode Virtual Account dari Mobile JKN, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk meningkatkan pelayanan BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Bertha kota Medan. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa fitur layanan aplikasi mobile JKN cukup membantu peserta JKN-KIS untuk melakukan aktivitas administratif di rumah ataupun di klnik, seperti peserta dapat melakukan antrean online dimanapun dan kapanpun. Klinik Pratama Bertha Kota Medan juga merasakan manfaat fitur layanan, seperti antrean tidak lagi menumpuk, tidak ada transaksi apapun antara anggota klinik dan peserta JKN-KIS dan berkonsultasi lebih mudah dilakukan dengan aplikasi mobile JKN
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Karwono, Heni Mularsih. 2018. Belajar dan Pembelajaran Serta PemanfaatanSumber Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Pressman dan Bruce (2014:9), Aplikasi mobile. (n.d.). Retrieved from http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2013100969SIBab20 01/page24.html.
Riyadi Machli 2018. Teori Iknemook Dalam Mediasi Malapraktik Medik, Jakarta, Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Sujarweni, Wiratna. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogjakarta
Turban, E. (2012). Electronic Commerce 2012: A Managerial and Social Network Perspective, London: Pearson Education
Vijay Kumar Velu. (2016). Mobile Apllication Penetration Testing. Brimingham: PACKT Publising. Hlm 3
Buku Panduan JKN Bagi Populasi Kunci (2016 : 5)
Panduan layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat JKN-KIS (2022 : 22)
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional.
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75, 2014 tentang Pelayanan Kesehatan
UU No 40 Tahun 2004 Pasal 20 ayat 1,2,3 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)
UU No 40 Tahun 2004 Pasal 21 ayat 1,2,3 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)
UU No 36 Tahun 2009 tentan Kesehatan
DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v8i2.4219
Article Metrics
Abstract view : 417 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 1196 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate
JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :
MEMBER OF :
BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :
BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id
Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index