Pengaruh Pemasaran Relasional Dan Customer Gathering Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan

Diki Arfanda, Ngatno Sahputra, Al Firah

Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan konsumen pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, untuk mengetahui pengaruh customer gethering terhadap kepuasan konsumen pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan dan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional dan customer gethering secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket dengan teknik analisis data yaitu regresi berganda. Adapun hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemasaran relasional secara parsial terhadap kepuasan konsumen PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, hal ini diketahui nilai thitung variabel pemasaran relasional sebesar 6.382 yang dibandingkan sebesar 1,66940 maka 6.382 > 1,66940 yang berarti variabel pemasaran relasional memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel kepuasan konsumen, terdapat pengaruh customer gethering secara parsial terhadap kepuasan konsumen  PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, hal ini diketahui nilai thitung variabel customer gethering sebesar 7.691 yang dibandingkan ttabel  sebesar 1,66940 maka 7.691 > 1,66940 yang berarti variabel customer gethering memiliki hubungan yang nyata (signifikan) dengan variabel kepuasan konsumen. Terdapat pengaruh pemasaran relasional dan customer gethering secara simultan terhadap kepuasan konsumen PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, hal ini diketahui dari nilai Fhitung = 136.370 yang dibandingkan Ftabel sebesar 3,11 maka 136.370 > 3,11 yang artinya variabel pemasaran relasional dan customer gethering secara simultan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) atau berpengaruh positif dengan variabel kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji Determinasi diketahui nilai R Square pengaruh pemasaran relasional dan customer gethering terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,815 atau 81.5 % sedangkan sisanya sebesar 18,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Pemasaran Relasional Dan Customer Gathering Terhadap Kepuasan Konsumen

References


Abdullah dan Tantri. (2014) Manajemen Pemasaran. Depok: RajaGrafindo Persada.

Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran (Cetakan 1). Bandung: Pustaka Setia.

Alma, Buchori. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Perusahaan Jasa (Cetakan12). Bandung: Alfabeta.

Basu Swastha dan Irawan. (2015) Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.

Erlina dan Sri Mulyani (2017). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Medan: USU Perss.

Fahmi, Irham. (2016). Teori dan Teknik Pengambilan keputusan Kualitatiuf dan Kuantitatif, Cetakan ke-2, Jakarta : Rajawali Pers.

Imam Ghozali. (2014) Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Semarang: UNDIP.

Kotler, Philip, (2015), Pemasaran, (Jilid 2), Jakarta: Indeks.

Ningsih, dkk (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Pertama. Medan : Perdana Publishing.

Pratisto, Arif. (2015). Statistik Menjadi Mudah dengan SPSS 17”. Jakarta:PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Bisnis. (Cetakan 1) Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. (Cetakan 18) Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2015), Strategi Pemasaran, (Edisi 4), Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v8i2.4217

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index