Pengaruh Pemasaran Relasional Dan Customer Gathering Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan
Diki Arfanda, Ngatno Sahputra, Al Firah
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan konsumen pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, untuk mengetahui pengaruh customer gethering terhadap kepuasan konsumen pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan dan untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional dan customer gethering secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket dengan teknik analisis data yaitu regresi berganda. Adapun hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemasaran relasional secara parsial terhadap kepuasan konsumen PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, hal ini diketahui nilai thitung variabel pemasaran relasional sebesar 6.382 yang dibandingkan sebesar 1,66940 maka 6.382 > 1,66940 yang berarti variabel pemasaran relasional memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel kepuasan konsumen, terdapat pengaruh customer gethering secara parsial terhadap kepuasan konsumen PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, hal ini diketahui nilai thitung variabel customer gethering sebesar 7.691 yang dibandingkan ttabel sebesar 1,66940 maka 7.691 > 1,66940 yang berarti variabel customer gethering memiliki hubungan yang nyata (signifikan) dengan variabel kepuasan konsumen. Terdapat pengaruh pemasaran relasional dan customer gethering secara simultan terhadap kepuasan konsumen PT. Aspacindo Kedaton Motor Medan, hal ini diketahui dari nilai Fhitung = 136.370 yang dibandingkan Ftabel sebesar 3,11 maka 136.370 > 3,11 yang artinya variabel pemasaran relasional dan customer gethering secara simultan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) atau berpengaruh positif dengan variabel kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji Determinasi diketahui nilai R Square pengaruh pemasaran relasional dan customer gethering terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,815 atau 81.5 % sedangkan sisanya sebesar 18,5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Pemasaran Relasional Dan Customer Gathering Terhadap Kepuasan Konsumen
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190 Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id