Analisis Peran Unit Simpan Pinjam (USP) Swamitra Terhadap Perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Koperasi Karyawan Bukopin Medan

Tengku Syahril Daoed

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada USP Swamitra KKB Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Unit Simpan Pinjam Swamitra terhadap perkembangan usaha UKM yang dijalankan oleh nasabah dan Untuk mengetahui perkembangan UKM khususnya nasabah dari Unit Simpan Pinjam Swamitra.
Metode penelitian ini adalah menggunakan metode Kuantitatif. Penelitian asosiatif kasual merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkapkan permasalahan yang bersifat hubungan sebab akibat antara 2 variable atau lebih. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung. Data yang didapatkan dengan cara melakukan pengumpulan kuisioner dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pengaruh Unit Simpan pinjam (USP) Usaha Kecil Menengah(UKM) yang ditunjukkan oleh nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu t-hitung = 4,769 > t-tabel =2,48. Ini berarti terdapat penagruh antara Unit Simpan Pinjam dengan Usaha Kecil Menengah pada koperasi karyawan bukopin di Kota Medan. Kemudian bisa dilihat hasil uji determinasi dimana nilai R square pada tabel diatas bernilai 0,346 atau senilai 34,6% besaran nilai persentase yang mempengaruhi variabel bebas (Unit Simpan Pinjam) terhadap variabel terikat (Usaha Kecil Menengah) sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.
Kesimpulan dalam penelitian ini semua variabel bebas (Unit Simpan Pinjam ) memiliki pengaruh yang positif terhadap Usaha Kecil Menengah pada koperasi karyawan bukopin di Kota Medan.
Kata kunci : Peran USP Swamitra, Perkembangan UKM




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v3i1.383

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index