Analisis Manajemen Risiko Perbankan Dalam Meminimalisir Kredit Bermasalah di Bidang Modal Usaha Pada PT. Mandiri Mitra Usaha Cabang A.R. Hakim Medan

Edi Sofian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Analisis Manajemen Risiko Perbankan Dalam Meminimalisir Kredit Bermasalah di Bidang Modal Usaha Pada PT. Mandiri Mitra Usaha Cabang A.R. Hakim Medan . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden karyawan PT. Mandiri Mitra Usaha Cabang A.R. Hakim Medan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (data yang dinyatakan dalam bentuk angka) berupa angka – angka hasil jawaban responden. Metode pengumpulan data untuk penulisan skripsi adalah kuisioner dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel risiko perbankan thitung > ttabel = 2.916 > 2.011. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H0 ditolak dan H1 diterima untuk variabel risiko perbankan. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel risiko perbankan berpengaruh signifikan terhadap modal usaha pada PT. Bank Mandiri Mitra Usaha Ar.Hakim. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa variabel Kredit Bermasalah thitung > ttabel 3.165 > 2.011. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka H0 ditolak dan H1 diterima untuk variabel Kredit Bermasalah. Dengan demikian, secara parsial bahwa variabel Kredit Bermasalah berpengaruh signifikan terhadap Modal Usaha pada PT. Bank Mandiri Mitra Usaha Ar.Hakim. Pada hasil uji F dalam penelitian ini diketahui nilai Fhitung > Ftabel 33.325 > 3.20. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan Risiko Perbankan dan Kredit Bermasalah berpengaruh signifikan terhadap Modal Usaha pada PT. Bank Mandiri Mitra Usaha Ar.Hakim.



DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v3i1.382

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 969 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index