Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Bagi Laooran Laba Rugi Dalam Penjualan Produk Warung Mikro Di PT. Bank Syariah Mandiri KCP. Pulo Brayan Medan

Ngatno Sahputra

Abstract


Laporan Keuangan adalah laporan tertulis yang memberikan informasi yang kuantitatif tentang posisi keuangan dan perubahan-perubahannya, serta hasil yang dicapai selama periode yang tertentu. Laporan keuangan dipersiapkan dengan maksud untuk memberikan gambaran atau laporan kemajuan secara periodik yang dilakukan pihak manajemen yang bersangkutan. Laporan laba rugi adalahsuatu daftar yang menunjukkan penghasilan dan biaya dari suatu unit untuk suatu periode tertentu, dan menyatakan laba atau rugi yang merupakan selisih antara penghasilan dan biaya yang diakibatkan hasil operasi atau kegiatan lainnya.Penghitungan atau laba rugi harus disusun sedemikian rupa agar dapat memberikan gambaran mengenai hasil usaha perusahaan dalam periode tertentu. Laba rugi memberikan informasi mengenai pendapatan, beban, dan laba rugi suatu entitas selama suatu periode tertentu. Laporan ini memberikan informasi mengenai hasil bersih entitas, sama dengan jumlah laba bersih yang dilaporkan dalam laporan laba rugi yang selama ini dikenal. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP. Pulo Brayan Medan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan laporan laba rugi PT. Bank Syariah Mandiri KCP. Pulo Brayanmengetahui apakahsudah sesuai dengan PSAK No.1. Teknik pengumpulan data yang di perlukan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara langsung, metode dokumentasi, dan dengan menggunakan metode observasi. Sedangkan sumber data berasal dari berasa dari sumber data primer dan sumber data sekunder.
Hasil penelitian yang dilakukan PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pulo Brayan Medan telah melakukan penerapan SAK pada laporan laba rugi sesuai dengan PSAK No. 1.
Kata Kunci : Laporan Laba Rugi, Produk Pembiayaan Warung Mikro di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pulo Brayan Medan.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v3i1.381

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 393 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index