Analisis Perlakuan Akuntansi Gadai Emas (Rahn) pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pulo Brayan Medan

Zahari Zahari

Abstract


Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang perbankan syariah, merupakan peraturan yang menjadi landasan perbankan syariah dalam menjalankan kegiataanya bank secara sehat. Konsep yang jauh dari riba dan sesuai dengan syariat islam, membuat produk perbankan syariah menjadi pilihan umat umat Muslim di Indonesia yang berniat menjalankan agama secara kaffah. Gadai Emas Syariah Mandiri disebut juga pembiayaan Rhan yang merupakan penyerahan jaminan atau hak penguasaan secara fisik atas barang berharga berupa emas (lantakan dan atau perhiasan beserta aksesorisnya) kepada bank sebagai jaminan atas pembiayaan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksananaan gadai emas (Rahn) dan untuk mengetahui kesesuian perlakuan akuntansi atas pembiayaan gadai emas berdasarkan PSAK 107 pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pulo BrayanMedan.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara langsung, metode dokumentasi, dandengan metode observasi. Sedangkan sumber data berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian yang dilakukan diproleh kesimpulan bahwa perlakuan akuntansi pembiayaan gadai syariah rahn pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Pulo Brayan Medan sudah sesuai dengan PSAK 107 (akad ijarah).
Kata Kunci : PSAK 107, Gadai Emas, Syariah.




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v3i1.376

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 604 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index