TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA ROYYAN RAMBUTAN HOUSE KUALANAMU DELI SERDANG
Abstract
Citra merek, harga dan kualitas produk sangat erat hubungannya dengan keputusan pembelian, baik keputusan pembelian yang dilakukan oleh perorangan, kelompok maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka, baik kebutuhan terhadap barang maupun jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada Royyan Rambutan House, untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada Royyan Rambutan House, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Royyan Rambutan House dan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Royyan Rambutan House.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan pada Royyan Rambutan House Kualanamu Deli Serdang, dengan sampel penelitian diambil dari sebahagian dari responden yang menjadi pelanggan pada Royyan Rambutan House Kualanamu Deli Serdang. Peneliti mengambil sampel dengan teknik Accidental sampling yaitu menentukan sampel dari populasi yang menjadi pelanggan dengan ciri dan karakteristik yang telah ditentukan, jumlah sampel sebanyak 50 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Citra merek (X1) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung 2.993 > ttabel 2.011, dan variabel Harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung 3.370 > ttabel 2.011. dan pengaruh Kualitas Produk (X3) juga memiliki pengaruh sebesar 4.376 > ttabel 2.011. Berdasarkan uji secara simultan citra Merek, Harga dan Kualitas Produk juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai Fhitung 40.069 > Ftabel 3.183 dan nilai koefisien determinasi (R square) yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,723. Hal ini memiliki arti bahwa 72,30% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Citra Merek (X1), Harga (X2) dan Kualitas Produk (X3). Sedangkan sisanya sebesar 27,70% dapat dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v3i1.375
Article Metrics
Abstract view : 199 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 274 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Bisnis Corporate
JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :
MEMBER OF :
BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :
BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id
Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index