PENGARUH CITRA MERK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PT. EXPRAVET NASUBA MEDAN

Tasya Urmila Liana, Ngatno Saputra, Al Firah Al Firah

Abstract


ABSTRAK

 

PT. Expravet Nasuba memproduksi olahan daging ayam dan ikan dalam bentuk frozen food seperti nugget, bakso, fish fillet dan Karage. Perusahaan ini masih terbilang baru dalam bidang ini namun sudah mencuri perhatian para competitor dikarenakan citra merk perusahaan dan perkembangan dalam menciptakan variasi brand seperti Yamku, Nasuba, Mb.44, Maxi king. Identifikasi Masalah yaitu citra merk yang kurang diminati konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk pada PT. Expravet Nasuba, kualitas produk untuk masing-masing komposisi varian berbeda antara produk Yamku dengan Fiesta, dan konsumen masih mempertimbangkan keputusan pembelian produk karena adanya produk sejenis yang lebih diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk pada PT. Expravet Nasuba di Medan. Jenis data (kuantitatif). Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Hasil Uji t citra merk diperoleh thitung > ttabel = 4,191 > 1.677, maka H0 ditolak dan H1 diterima untuk variabel citra merk. Secara parsial citra merk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Hasil Uji t kualitas produk diperoleh thitung > ttabel = 4.653 > 1.677, maka H0 ditolak dan H2 diterima untuk variabel kualitas produk. Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung  > Ftabel yaitu  26.881 > 3.20, maka secara simultan citra merk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk. Hasil uji R diketahui bahwa nilai Adjusted R square 0,514 (51,4%), sehingga dapat dikatakan bahwa 51,4% variasi variabel independent yaitu pengaruh citra merk dan kualitas produk dapat menjelaskan keputusan pembelian produk sedangkan sisanya 48,6 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.

Kata Kunci: Citra Merk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian Produk




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v8i1.3606

Article Metrics

Abstract view : 133 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index