ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PENINGKATAN KUALITAS SDM DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN PABRIK GULA SEI SEMAYANG

Niar Fitri, Aswand Hasoloan, Farid Hanum Nasution

Abstract


ABSTRAK

Program CSR Pabrik Gula Sei Semayang memiliki 4 (empat) pilar yaitu lingkungan, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan ditambah satu program yang bersifat karikatif yaitu infrastruktur. Di dalam pelaksanaannya, program CSR Pabrik Gula Sei Semayang tersebut belum berjalan secara maksimal. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di lokasi penelitian. Berdasarkan hasil dan analisis di atas, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu: Pencapain tujuan Pabrik Gula Sei Semayang sudah cukup efektif pada lingkungan dan bantuan sosial masyarakat di lingkungan Pabrik Gula Sei Semayang namun masih kurang dalam CSR di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat di lingkungan Pabrik Gula Sei Semayang sedangkan Integrasi Pabrik Gula Sei Semayang belum mampu untuk dikatakan efektif karena beberapa penyataan dari hasil wawancara komunikasi dan sosialisasi hanya dilakukan pada pihak pemerintah setempat tanpa melibatkan masyarakat secara langsung. Adaptasi pada Pabrik Gula Sei Semayang belum terlihat efektif dalam menyesuaikan kebutuhan pemberdayaan masyarakat. Pabrik Gula Sei Semayang masih berfokus menggunakan dana CSR untuk kepentingan sumbangan terhadap masyarakat padahal dana CSR dapat dipergunakan lebih bermanfaat salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat.

Kata Kunci: Efektivitas Program, Corporate Social Responsibility, Kualitas SDM, Kesejahteraan Masyarakat




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v8i1.3604

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index