PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN INFORMASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. TRIMITRA SWADAYA MEDAN

Nur Annisa, Muhammad Amri Nasution, Al Firah Al Firah

Abstract


ABSTRAK

Informasi produk yang diterapkan PT. Trimitra Swadaya Medan ternyata menunjukkan fenomena dimana konsumen masih menemui informasi yang tidak sesuai dengan produk yang dibeli dan atribut produk yang ada belum menunjukkan keunggulan sehingga konsumen belum sepenuhnya untuk loyal membeli. Identifikasi masalah peneltian ini, adalah Atribut produk yang ada belum menunjukkan keunggulan dari produk perusahaan namun konsumen belum sepenuhnya memutuskan untuk loyal membeli produk tersebut, Informasi ini tentang produk yang dibutuhkan konsumen ternyata tidak seluruhnya sesuai dengan yang diharapkan dalam menggunakan produk yang dibeli, Keputusan pembelian kurang loyal terhadap produk perusahaan akibat banyaknya produk sejenis yang juga disukai konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil hipotesis, secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel variabel atribut produk (4.317 > 1,67866) maka H0 ditolak dan H1 diterima berarti atribut produk berpengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai thitung > ttabel variabel informasi produk (5.335 > 1,67866) maka H0 ditolak dan H1 diterima, berarti informasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Fhitung > Ftabel pada ï¡ = 0,05 dengan n = 66 diperoleh nilai 20.414 > 3,14 maka H1 diterima, H0 ditolak berarti atribut produk dan informasi produk secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian PT. Trimitra Swadaya Medan. Walaupun perusahaan sudah memperhatikan atribut produk dan informasi produk dengan tujuan agar konsumen tetap loyal membeli produk perusahaan, namun produk dari pesaing dengan jenis yang sama juga selalu melakukan hal yang sama, sehingga hal tersebut menjadi tantangan bagi perusahaan agar lebih memperhatikan kelebihan produknya sehingga tetap menjadi pilihan bagi konsumen.

Kata Kunci : Atribut Produk, Informasi Produk, Keputusan Pembelian




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v8i1.3603

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index