ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PAKAN TERNAK PADA PT.MABAR FEED INDONESIA

Febi Adella, Sahnan Rangkuti, Al Firah Al Firah

Abstract


ABSTRAK

 

Kenaikan biaya produksi pakan ternak naik, seperti bekatul, hijuan, sorgum, tepung   ikan yang masih mengandalkan pasokan impor karena jenis tepung ikan yang berasal    dari dalam negeri dinilai kurang kompetitif dibandingkan impor. Harga bahan baku pakan ternak lain yang naik yaitu jagung, kurangnya pasokan jagung dari   petani dikarenakan stok jagung yang harus sesuai dengan standard yang diminta pabrik. Identifikasi masalah penelitian ini adalah strategi pemasaran belum tepat dalam meningkatkan volume penjualan  perusahaan, terjadinya penurunan volume penjualan dalam beberapa tahun terakhir, terjadinya kenaikan biaya bahan baku pada pakan ternak. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan PT. Mabar FEED Indonesia belum tepat sehingga terjadinya penurunan volume penjualan perusahaan yaitu persepsi harga mahal untuk produk perusahaan dibandingkan kompetitor dan terbatasnya pilihan produk bagi konsumen. Di dalam hasil analisis SWOT diketahui bahwa hasil dari masing-masing nilai  IFAS yaitu sebesar 2,7 dan EFAS sebesar 2. Nilai skor   pada faktor kekuatan (strengths) sebesar 1,85; faktor kelemahan (weakness) sebesar 0,85; faktor peluang (opportunities) sebesar 1,25 dan faktor ancaman (threats) sebesar 0,75. Berdasarkan peta diagram  SWOT berada pada posisi agresif yaitu kekuatan dan peluang lebih dominan dibanding dengan kelemahan dan ancaman, sehingga formulasi strategi pemasaran perlu disesuaikan dengan posisi tersebut.  Adapun strategi yang dilakukan perusahaan yaitu memaksimalkan kekuatan dan peluang perusahaan, mempertahankan produk pakan yang bermutu serta memanfaatkan pelanggan baru guna meningkatkan volume penjualan, menggunakan kekuatan quality control dan memaksimalkan peluang diversifikasi produk.

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v8i1.3601

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index