PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KETEPATAN WAKTU TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CV. HARCO NANCY MEDAN

Novira Anggini Hutasuhut, Ngatno Sahputra, Al Firah Al Firah

Abstract


ABSTRAK

Kualitas produk CV. Harco Nancy Medan yang menurun disebabkan efisiensi karyawan dan hasil cetakan tidak maksimal, ketepatan waktu penyelesaian pesanan yang kurang optimal sehingga konsumen merasa kecewa karena tidak sesuai kesepakatan. Hal ini berdampak negatif pada meurunnya minat pemesanan cetakan. Identifikasi masalah mencakup kurangnya kualitas hasil cetakan yang di produksi CV. Harco Nancy, keterlambatan produsen dalam menyelesaikan pesanan konsumen, menurunnya kepuasan konsumen dikarenakan kualitas dan ketepatan waktu pemesanan. Popluasi meliputi pelanggan CV. Harco Nancy Medan berjumlah 150 orang. Sample berjumlah 60 responden. Jenis dan sumber data (data primer dan data sekunder). Metode pengumpulan data (pengamatan, wawancara, studi dokumentasi, kuesioner). Teknik Analisis Data (uji validitas, uji realibitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas), pengujian hipotesis (regresi linear berganda, uji t, uji F, uji determinasi)). Hasil penelitian dengan uji t pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen diperoleh thitung 3,113 > ttabel 1,667, dengan signifikan 0,003 < 0,5 berarti H1 diterima dan Ho ditolak, ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Uji t parsial pengaruh ketepatan waktu terhadap kepuasan konsumen diperoleh thitung 3,901 > ttabel 1,667 dengan signifikan 0,000 < 0,5. berarti H2 diterima dan Ho ditolak, ada pengaruh yang signifikan antara ketepatan waktu terhadap kepuasan konsumen. Fhitung 13,024 dengan tingkat signifikan 0,000, sedangkan Ftabel 3,14 dengan signifikan 0,5. Maka Fhitung> Ftabel: 13,024 > 3,14, menunjukkan thitung> ttabel, artinya H3 diterima dan  Ho ditolak sehingga ada pengaruh signifikan kualitas produk dan ketepatan waktu masih memiliki kesenjangan sehingga mengakibatkan pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasan konsumen pada CV. Harco Nancy Medan.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Ketepatan Waktu, Kepuasan Konsumen



DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3350

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index