PENGARUH PENDAMPINGAN DAN AKSES MODAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT DI DESA TAPIAN NAULI III KECAMATAN TAPIAN NAULI KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Nalom Siagian, Cyndia Audria Sianturi, Risnauli Sihombing

Abstract


ABSTRAK :

Penelitian ini berfokus pada pendampingan, akses modal, minat berwirausaha pada masyarakat desa Tapian Nauli III. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendampingan dan akses modal terhadap minat bersirausaha masyarakat di desa Tapian Nauli III Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Analisis Statistik Inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok tani desa Tapian Nauli III dengan jumlah sampel 77 orang responden, dalam penelitian ini teknik penarikan sampel menggunakan Teknik non-probability sampling dengan jenis Snowball Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara langsung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha masyarakat desa Tapian Nauli III. Dimana dalam penelitian ini melalui pengujian diperoleh nilai thitung sebesar 7,388 > nilai ttabel sebesar 1,668 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya secara statistik terbukti variabel pendampingan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat berwirausaha. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa akses modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha masyarakat desa Tapian Nauli III. Dimana dalam penelitian ini melalui pengujian diperoleh nilai thitung sebesar 8,323 > nilai ttabel sebesar 1,668 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya secara statistik terbukti variabel akses modal berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat berwirausaha Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,520 (52,0%), ini menunjukkan adanya pengaruh pendampingan dan akses modal terhadap minat berwirausaha masyarakat di desa Tapian Nauli III. Sedangkan sisanya sebesar 48% dijelaskan oleh variabel lain. Oleh karena itu disarankan Diharapkan Pemerintah Desa Tapian Nauli III dapat lebih mengoptimalkan pendampingan agar dapat mendorong minat berwirausaha masyarakat desa Tapian Nauli III dalam berwirausaha.

Kata kunci : Pendampingan, Akses Modal, dan Minat Berwirausaha




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3039

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 181 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index