PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAYBELINNE PADA MAHASISWI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

Entin Tamaro Hutajulu, Monica Pardosi, Nalom Siagian

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sosial Media Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah mahasiswi aktif Universitas HKBP Nommensen Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan sampel 95 responden, menggunakan data primer dan data sekunder dengan kuesioner skala likert melalui google form.Data penelitian ini diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda serta uji hipotesis melalui uji parsial dan uji simultan. Berdasarkan kriteria pengujian ttabel, nilai thitung yang dihasilkan pada variabel Sosial Media Marketing (X1) 3,075 > ttabel (É‘ = 0,05/2; n-k-1) = 1,986. Berarti variabel Sosial Media Marketing (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan kriteria pengujian ttabel, nilai thitung yang dihasilkan pada variabel Electronic Word of Mouth (X2) 3,789 > ttabel (É‘ = 0,05/2; n-k-1) = 1,986. Hal ini berarti variabel Electronic Word of Mouth (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan Tabel 4.30 didapat nilai Fhitung sebesar 9,479 > Ftabel (É‘ = k; n-k) = 3,09 dengan F sig. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Dapat diartikan bahwa Sosial Media Marketing (X1) dan Electronic Word of Mouth (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Untuk koefisien determinasi diperoleh sebesar diperoleh sebesar 0,413 artinya bahwa variabel keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh variabel Sosial Media Marketing dan Electronic Word of Mouth sebesar 17,1%. Sedangkan sisanya sebesar 82,0% dijelaskan oleh variabel lain seperti kualitas produk, Harga, merek suatu produk dan lain sebagainya.

 Kata Kunci : Sosial Media Marketing, Electronic Word of Mouth dan

 Keputusan Pembelian




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v7i2.3038

Article Metrics

Abstract view : 601 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 539 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index