PERAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUAL-BELI ONLINE PADA FACEBOOK

Dwi Aditya Nasution, Maria Ulfa Batoebara, Junaidi Junaidi

Abstract


ABSTRAK

 Dalam dunia bisnis media social seperti Facebook digunakan sebagai alat penghubung yang praktis sebagai alat komunikasi antara pelaku bisnis dengan pelanggan, tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi. Pada penelitian ini masalah yang diteliti dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah peran strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Kedai Medan untuk Meningkatkan Jual-beli Online Melalui Aktivitas Promosi pada Akun Group Facebook Kedai Medan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang didasarkan pada penafsiran, dengan konsep-konsep yang umumnya tidak memberikan angka numerik, seperti etno metodologi atau jenis wawancara tertentu. Penerapan pendekatan kualitatif dengan pertimbangan kemungkinan data yang diperoleh di lapangan berupa data dalam bentuk fakta yang perlu adanya analisis secara mendalam.Kedai Medan melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran dengan menentukan Tahap-Tahap Strategi Komunikasi pemasaran yaitu menentukan tujuan komunikasi pemasaran, menentukan segmentasi dan targetting, menentukan diferensiasi dan positioning. Aktivitas promosi pada akun group  Facebook kedai Medan menggunakan beragam fitur yang sering digunakan yang ada pada Facebook yaitu Unggah Foto (Photo Upload), Judul Foto(Caption), Tagar atau Hashtag, Mentions, Komentar (Comment). Fitur yang digunakan ini dirasa sangat bermanfaat bagi Kedai Medan dalam membantu aktivitas promosi Kedai Medan.

Aktivitas promosi yang dilakukan meliputi pemberian kupon, potongan harga, sampel dan kontes. Dalam meningkatkan penjualan Kedai Medan juga memperhatikan aspek-aspek penting lainnya seperti produk, mutu, harga jual dan saluran distribusi sebagai berikut: Pemberian Kupon, Potongan Harga, Sampel, Kontes.Kedai Medan melakukan Strategi Komunikasi Pemasaran dengan menentukan Tahap-Tahap Strategi Komunikasi pemasaran yaitu menentukan tujuan komunikas ipemasaran, menentukan segmentasi da ntargetting, menentukan diferensiasi dan positioning.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jual-Beli Online, Ilmu Komunikasi




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v6i2.1843

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 


BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index