PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK MEDAN MEDICAL CENTER

Amroh Athiyyah, Ayu Sartika Pane

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayana terhadap kepuasan pasien pada Klinik Medan Medical Center. Metode yang digunakan bersifat desktiptif dengan pedekatan kuantitatif, jumlah populasi yang merupakan pasien di bulan maret 2021, dengan sampel sebanyak 20 responden menggunakan teori Rosco.teknik analisis data yang digunakan meniputi Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Signifikan (t), serta koefisien determinasi (  menggunakan IBM SPSS Statistik Versi 16.0. hasil penelitian yang di peroleh persamaan regresi linier Y= 9,357+0,347X yang berarti setiap perubahan nilali variabel kualitas pelayanan yang akan diikuti oleh perubahan variabel kepuasan pasien sebesar 0,347. Sedangkan nilai R Squere sebesar 0,279 menunjukkan 27,9% kepuasan pasien dapat di jelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan sisanya 72,1% dijelaskan oleh variabel yang tidak di teliti. Nilai korelasi sebesar 0,279 menandakan hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien tidak kuat. Hasil uji t di peroleh nilai  artinya  ditolak, diterima,sehingga diperoleh kesimpulan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada Klinik Medan Medical Center.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien




DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v6i2.1841

Article Metrics

Abstract view : 376 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 847 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bisnis Corporate

JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

MEMBER OF :

BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index