PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDOMARET
Abstract
Dalam perkembangan dunia bisnis saat ini, banyak timbul persaingan yang semakin kompetitive.Persaingan bisnis dan usaha pada era globalisasi dewasa ini semakin pesat. Persaingan semakin ketat menuntut para pelaku usaha untuk mempunyai keunggulan kompetitive agar mampu bertahan dan bersaing dengan pesaing usaha yang lain. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan kualitas produk, kualitas pelayanan serta menerapkan konsep pemasaran modern yaitu berorientasi pada pasar atau konsumen karena merupakan ujung tombak keberhasilan usaha.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayan dan juga produk terhadap kepuasan pelanggan di Indomaret Kawasan Industri Modern (KIM).Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 50 orang pelanggan Indomaret Kawasan Industri Modern (KIM), dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yaitu 33 orang pelanggan Indomaret Kawasan Industri Modern (KIM).
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di sebarkan kepada pelanggan yang datang ke Indomaret Kawasan Industri Modern (KIM).Teknik analisa data mengunakan analisis liniear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kualitas pelayanan dan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Indomaret Kawasan Industri Modern (KIM) di JL.Mangaan VII Medan, Sumatera Utara, Nilai Rsquare sebesar 0,641 atau 64,1% kontribusi kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan pelanggan dan 35.9% dipengaruhi variabel lain.
Â
Kata kunci :Kualitas Pelayanan, Produk, Kepuasan PelangganFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1487
Article Metrics
Abstract view : 863 timesPDF (Bahasa Indonesia) – 1280 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Bisnis Corporate
JURNAL BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :
MEMBER OF :
BISNIS CORPORATE BERKOLABORASI DENGAN :
BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS DHARMAWANGSA
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id
Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index