PERANAN PELATIHAN TERHADAP PENGEMBANGAN PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH PADA DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN DELI SERDANG

Siti Hajar Audina

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelatihan dan pengembangan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Usaha kecil dan Menengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM dapat meningkatkan skill (kemampuan) pelaku UKM serta menghasilkan produktivitas secara efektif dan efisien.Adapun bentuk pengembangan yang telah dilakukan Dinas Koperasi dan UKM meliputi bidang perizinan, pembiayaan, pengolahan, pemasaran, SDM, dan teknologi serta menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan. Sektor Usaha Kecil dan Menengah mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahunnya, ini membuktikan banyaknya pelaku UKM yang mengikutiPembinaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan  UKM.

,

Kata Kunci : Pelatihan, Pengembangan Pelaku UKM



DOI: https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1486

Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF (Bahasa Indonesia) – 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 BISNIS CORPORATE TERINDEKS PADA :

 

BISNIS CORPORATE : JURNAL ADMINISTRASI BISNIS published by :

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS DHARMAWANGSA

Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan
Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783  Fax. 061 6615190
Surat Elektronik : bisniscorporate@dharmawangsa.ac.id

 

 Creative Commons License

Network Media : Jurnal Ilmu Komunikasi by Universitas Dharmawangsa is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jubisco/index